Pameran Lukisan (Ke)Diri

 Pameran Lukisan (Ke)Diri

PERUPA Soehib Toyaraja kembali menggelar pameran lukisan tunggalnya bertajuk (Ke)DIRI yang dibuka pada Minggu, 29 April 2018 di Kunstkring Palais Galerie, Jalan Teuku Umar 1 Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat. Pada pameran kali ini Soehib menyuguhkan karya fenomenal dengan obyek yang fenomenal pula. Semar, tokoh punakawan dalam dunia pewayangan menjadi obyek untuk menuangkan ide visualnya ke dalam tujuh lembar kanvas.

Karya lukisan yang mengekplorasi sosok aneh bernama Semar tersebut dibingkai dalam berbagai tema, namun dalam satu konteks yakni memuliakan sesama manusia, alam dan seluruh isinya. Sebanyak tujuh karya yang dipamerkan, semuanya bermakna satire yang sarat dengan kritik  terhadap perilaku manusia dalam konteks kekinian berikut peristiwa  sosial maupun politik yang tengah terjadi saat ini.

Tokoh Semar digambarkan secara unik dan jenaka, bahkan cenderung kontradiktif dengan sosok sang penasehat keluarga Pandawa  dalam cerita Mahabarata yang terkenal bijaksana dan lemah lembut. Lukisan-lukisan Semar yang secara visual penuh pasemon atau kritik tersebut mengajak para penikmat lukisan untuk selalu mawas diri dan berkaca agar selalu rumongso dan eling (sadar dan ingat) agar tidak berlaku jumawa dan sombong dalam menjalani kehidupan di semesta ini.

Tujuh karya lukisan (ke)DIRI yakni Highway To Heaven, Semar Evolution, Pertempuran Semar versus Togog, Mbegegeg Ugeg-ugeg: Flowing and Flying, Game of Thrones, Semar’s Universe dan United Color of Semar tersebut dijahit oleh kurator seni rupa  Bambang Asrini Widjanarko.  Sementara penyelenggaraan pameran ini dikemas oleh tim  kreatif  dari komunitas Cikini Art Stage dengan Creative Director Adil Usman dan disokong penuh oleh NorthCliff yang merupakan  perusahaan bergerak di bidang investasi  atau Corporate Finance.

Pameran lukisan (Ke)DIRI nanti akan dibuka oleh kolektor seni rupa sekaligus CEO NorthCliff Bapak Erri Sulistio dengan dihadiri sejumlah kolektor karya Soehib Toyaraja di antaranya Jaksa Agung HM Prasetyo dan pengusaha Soetrisno Bachir dan para kolektor terkenal lainnya.  Pameran tersebut akan berlangsung sebulan penuh mulai tanggal 29 April – 29 Mei 2018 di Galeri Kuntskring, Menteng, Jakarta Pusat.

Tentang Pelukis

Soehib Toyaraja yang lahir di Kediri pada 1968, dalam proses berkeseniannya pernah tinggal di Bali, Batam lalu berlabuh di Jakarta dengan mendirikan Sanggar Seni Galih bersama pelukis seangkatannya. Sebelumnya telah menggelar tiga kali pameran tunggal yakni The Nameof Flowers – Galeri Tembi (2010), The Spiritual Journey – Kunstkring Galeri (2016), 72 Tokoh dan 7 Presiden – Epicentrum Jakarta (2017).  Dan sejak tahun 1999 aktif mengikuti pameran seni rupa . ***

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *