Connect with us

Traveling

Pagelaran Sodong Culture Symphony

Published

on

PANTAI Sodong yang menjadi kebanggaan masyarakat Cilacap terus bebenah diri. Kini, generasi Pesona Indonesia (Genpi) Cilacap siap menggelar “Sodong Culture Symphony” (SCS). Dengan menonjolkan pesona pantai Sodong, event SCS akan berlangsung 26-28 Januari 2018.

“Yang ingin datang, silakan ke Cilacap. Cilacap bukan kota buntu. Dijamin SCS bakal tampil beda. Wisatawan akan kami ajak mengeksplor keindahan Pantai Sodong. Dan semuanya akan dibalut dengan musik hingga seni dan budaya,” kata Program Director SCM, Prastio Andi Prayogi.

Pentas seni budaya, ada Pesona Tari Jalungmas. Tarian unik perpaduan budaya Jawa dan Sunda. Dibawakan secara kolosal, tarian tersebut dipastikan akan menghipnotis para wisatawan. “Tariannya untuk mengapresiasi karya Maestro Tari Jalungmas ibu Tiek Entarti. Nanti juga para penari akan mengajak para wisatawan untuk ikut menari,” jelas Prastio.

Ada juga Sodong Carnival yang unik. Carnivalnya dilaksanakan di atas pasir Pantai Sodong. Spiritnya bunga Wijayakusuma, bunga magis pantai selatan. Busana pesertanya juga unik. Pada carnival ini para peserta diwajibkan untuk memadukan busana batik dengan bahan bekas sebagai hiasannya.

“Temanya ‘Beauty of Wijayakusuma’. Konsepnya karnaval batik atau karya bahan bahan bekas di padu padankan dengan glamor ataupun bersayap. Sekitar 200 peserta dari daerah banyumasan akan mengikuti karnaval ini,” ujar Pras.

Kuliner serta pernak pernik khas Cilacap juga ditampilkan . Ada Pasar Cemaraan yang siap menemani. Kuliner khas seperti thempleng, lanthing, mendoan, lepet bakalan mengisi lapak di Pasar Cemaraan. Lapaknya pun digelar setiap hari di bawah pohon cemara pantai Sodong.

“Sampai saat ini sudah ada 18 lapak yang ikut. Ada dua konsep lapak yang akan kita hadirkan. Panggon Garing utk stand pernak pernik serta Panggon Tales buat kuliner. Kita bedakan sesuai jualannya. Biar wisatawan mudah,” ujar Pras.

Kemeriahan tak akan berhenti sampai di situ. Sodong Bejazz Pesisir juga manggung dengan artisnya  Sruti Respati, Jess Kidding dan Nufi Wardhana. Semakin semarak dengan adanya   1000 obor dinyalakan di pinggir pantai.

“Konsep Jazz Pesisir kita angkat untuk mengenalkan betapa eksotiknya Pantai Sodong. Majestiknya Gunung Selok di Pesisir Selatan Jawa menambah daya magisnya. Apalagi acaranya bakalan di balut dengan 1000  obor,”ungkap Pras. ***

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *