Oscar Lawalata Gelar ‘Aku dan Kain’

 Oscar Lawalata Gelar ‘Aku dan Kain’

Oscar Lawalata (foto Herry)

JAYAKARTA NEWS – Kain Wastra (tradisional) Nusantara di tangan perancang Oscar Lawalata menjadi elok dan megah. Selama perjalanan karirnya mencari wastra yang tersembunyi, akhirnya membuahkan hasil.

Kain-kain tradisional Nusantara yang dipamerkan (foto:Herry)

Hal tersebut ditunjukkan dalam bentuk festival ‘Aku dan Kain’ yang dihelat di Museum Nasional Jakarta, 10 Agustus sampai 10 September 2022. “Festival Aku dan Kain sebuah movement yang merayakan keanekaragaman budaya guna membangun rasa nasionalisme serta mengangkat keindahan nilai pluralisme,” cetus Oscar Lawalata kepada penulis.

“Kekayaan kain tradisional Indonrsia dan keragamannya perlu dilestarikan oleh generasi penerus ” tutur Oscar Lawalata yang kini dikenal sebagai Asha Darra. Oscar Lawalata menguraikan pengalamannya menyintai wastra karena lahir dari filosofi keindahan kain tenun Nusantara yang dituangkan dalam pendekatan fashion dan gaya hidup dirinya. “Filosofi ini yang menjadi akar dari Aku dan Kain; The Age of Diversity,” urai Oscar Lawalata lagi.

Kain-kain tradisional Nusantara yang dipamerkan (foto:Herry)

Bayangkan, proses tenun yang melambangkan persatuan ini dituangkan dalam kolaborasi fotografi Aku dan Kain. Kolaborasi ini mengajak 100 tokoh yang berpengaruh di era modern yang disuguhkan dalam instalasi fotografi digital yang didukung oleh Epson Indonesia.

Selain fotografi, acara ini juga mengangkat betbagai kegiatan di bidang seni dan budaya: pameran kain tua seperti kulit kayu  songket, batik sulam dan aplikasi manik dan pameran instalasi Menara Tenun Nusantara, serta worshop dan talkshow.

“Kain-kain tradisional Nusantara dari masa lalu sengaja saya tampilkan lagi di masa kini untuk masa mendatang,” tutup Oscar Lawalata yang pernah menggaet penghargaan internasional seperti dari IYCE (International Young Creative Entrepreneur) oleh British Council, London dan Indonesia’s Cultural Ambassador di Paris, Monaco, Milan, Tokyo, New York, Washington, Chili dll. (pik)

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.