Connect with us

Entertainment

Nominasi FFI 2023 Diumumkan, Film Horor tak Ada yang Masuk

Published

on

'Women from Rote Island' (Perempuan Berkelamin Darah) masuk nominasi FFI 2023 (foto : Humas FFI)

JAYAKARTA NEWS— Genderang perang antar bintang telah ditabuh. Banyak kejutan mencuat dalam acara pengumuman nominasi FFI 2023 yang disiarkan dari Museum Nasional, Jakarta. Dari 22 kategori, tidak ada satu pun film horor masuk unggulan. Film ‘Budi Pekerti’ terbanyak mengumpulkan 17 nominasi, disusul ‘Like & Share’ menggaet 11 nominasi.

Bertema ‘Piala Citra’, banyak wajah baru masuk. Namun muka-muka lama yang kerap jadi langganan nominasi juga diunggulkan, seperti Christine Hakim, Jajang C Noer, Reza Rahadian, Vino G Bastian dan Dewi Irawan.

Di kubu pemeran utama wanita, dua wajah baru yaitu Asha Smara Darra (‘Sara’) dan Aurora Ribero (‘Like n Share’) berhadapan dengan tiga nomine yang sudah karatan berkecimpung di ranah film, yaitu Jajang C Noer (‘Onde Mande’), Laura Basuki (‘Sleep Call’) dan Sha Ine Febriyanti (‘Budi Pekerti’).

Asha Smara Darra alias Oscar Lawalata (foto : FFI)

Satu catatan kecil atas diri Asha Smarra Darra yang dulu bernama Oscar Lawalata (model dan perancang busana). Pasca operasi kelamin, Oscar Lawalata menjelma menjadi aktris rupawan dan terjun sebagai aktris.

Sedangkan di kubu pemeran utama pria, dua aktor senior yaitu Reza Rahadian (‘Berbalas Kejam’) dan Vino G Bastian (‘Buya Hamka’ volume 1) dikeroyok tiga nomine yaitu Abimana Aryasatya (‘The Big 4’), Angga Yunanda (‘Budi Pekerti’) dan Jose Rizal Manua (‘Onde Mande’).

Persaingan seru juga terjadi di kubu pemeran pendamping wanita.

Nominenya adalah : Aulia Sarah (‘Like n Share’), Christine Hakim (‘Sara’), Dewi Irawan (’24 Jam Bersama Gaspar’), Lutesha (‘The Big 4’) dan Prilly Latuconsina (‘Budi Pekerti’).

Angga Yunanda (foto FFI)

Bagaimana yang terjadi di kubu pemeran pendamping pria. Muncul wajah baru Arnold Kobogou (‘Orpa’) yang kali ini bertarung melawan Dwi Sasono (‘Budi Pekerti’), Marthino Lio (‘The Big 4’), Omara Esteghlal (‘Budi Pekerti’) dan Yoga Pratama (‘Berbalas Kejam’).

Nomine sutradara : Gina S Noer (‘Like n Share’), Jaremias Nyangun (‘Women from Rote Island’ alias ‘Perempuan Berkelamin Darah’), Timo Tjahyanto (‘The Big 4’), Wregas Bhanutedja (‘Budi Pekerti’) dan Yosep Anggi Noen (’24 Jam Bersama Gaspar’).

Nomine film cerita panjang : ’24 Jam Bersama Gaspar’, ‘Budi Pekerti’, ‘Like n Share’, ‘Sleep Call’ dan ‘Women from Rote Island’ (‘Perempuan Berkelamin Darah’).

Mendikbud Ristek Nadiem Makarim menyambut baik acara nominasi FFI 2023 di Museum Nasional. “Saya bangga banget dengan film-film karya sineas nasional yang diputar di panggung internasional. Bahkan sudah banyak dari mereka yang meraih prestasi mengagumkan,” ujar Nadiem Makarim.

Dipilihnya Museum Nasional sebagai tempat acara nominasi dikatakannya sudah tepat.
“Ini Museum terbesar di Asia Tenggara yang didirikan 1862 dan dibuka untuk umum 1968. Tempat ini sebagai saksi perjalanan panjang dan perkembangan peradaban bangsa Indonesia,” imbuh Nadiem Makarim.

Nah ! (pik)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *