“Nggiwar” Film Tentang Kreativitas Tanpa Batas

 “Nggiwar” Film Tentang Kreativitas Tanpa Batas

Akan Tayang Tanggal 11 Maret di YouTube

JAYAKARTA NEWS – “Nggiwar” sebuah film karya Dinamika Edukasi Dasar Yogyakarta akan ditayangkan di kanal YouTube Sekolah Eksperimental Mangunan pada tanggal 11 Maret 2022. Film ini  bercerita tentang kreativitas tanpa batas.

 Siaran pers Sekolah Eksperimental Mangunan yang diterima Jayakarta pada Senin (7/3) menyebutkan bahwa proses pembahasan ide dan produksi film tersebut telah diawali pada April 2021. Namun, karena ada kendala teknis dan beberapa alasan lainnya, peluncuran Film tersebut baru bisa dilaksanakan pada Maret tahun ini.

“Nggiwar” mengusung kegelisahan seputar dunia pendidikan. Film berdurasi tujuh belas menit ini berusaha mengajak siapa saja untuk melihat kembali praktik-praktik pedagogi di ruang kelas.  Tentang sejauh mana merdeka belajar telah dilakukan oleh pihak-pihak yang terlbat di dunia pendidikan juga diangkat dalam film ini.

Nggiwar adalah sebuah cara berpikir dan berlaku lateral atau out of the box. Di dalamnya terkandung semangat yang dalam tahun ajaran 2021-2022 ditegaskan kembali oleh Sekolah Eksperimental Mangunan. Untuk menjadi pengiring perjalanan dalam menghidupi konsep ini maka Film “Nggiwar” diangkat dan diproduksi. Selain itu film ini juga dirasa perlu ada untuk ikut memantik agar penonton menjadikannya sebagai refleksi mengenai relevansinya dengan kondisi pendidikan saat ini.

Film ini disajikan dengan alur cerita yang sederhana dan tidak berbelit-belit. Di bagian akhir penonton dipersilakan untuk menginterpretasikan diri mengenai apa yang dirasakan.                  

Romo Edy Wiyanto dari Yayasan Dinamika Edukasi Dasar bertindak selaku sutradara sekaligus penggagas awal ide cerita. Sementara para pemeran berasal dari keluarga besar Sekolah Eksperimental Mangunan: Tami Jati, Bayuga dan Yoles Roosando (guru), para karyawan dan teman-teman kecil siswa Sekolah Mangunan berturut-turut Manu, Galih, Areta, Medha serta Prof Johan dan keluarga. Beberapa pihak lain juga turut memoles film ini sehingga tampil ciamik dan memberikan pengalaman reflektif. 

Nggiwar menjadi salah satu media untuk mewujudkan EKI (Eksplorasi, Kreasi, dan Integral),. EKI   sebuah konsep belajar yang selalu diusung oleh Sekolah Eksperimental Mangunan. Kolaborasi sangat perlu menjadi pembiasaan yang hadir dalam budaya EKI ini. Semoga segala praktik baik yang diupayakan lewat film ini memberikan konribusi agar pendidikan di Indonesia terus tumbuh, mekar dan mampu menghidupi hidup. (Ernaningtyas)

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.