Connect with us

Entertainment

Mira Lesmana dan Riri Riza Meluncurkan Film Pendek ‘Aku, Chairil !’

Published

on

JAYAKARTA NEWS— Siapa tak kenal Chairil Anwar ? Dalam pelajaran Kesusastraan Indonesia, kritikus sastra HB Jassin menyebut Chairil Anwar adalah pelopor Angkatan 45 sekaligus puisi modern Indonesia (bersama Asrul Sani dan Rivai Apin).

Chairil Anwar yang dijuluki ‘si binatang jalang’ (diambil dari karya puisinya berjudul ‘Aku’) ini wafat dalam usia muda (27 tahun) akibat penyakit paru-paru yang dideritanya.
Hidup bohemian dan sepak terjang Chairil dalam dunia puisi ini diinisiasi oleh Mira Lesmana dan Riri Riza dalam film pendek dan serial antologi seni video bertajuk ‘Aku, Chairil !’ pada Hari Puisi Nasional 2023 baru-baru ini.

“Sebagai produser, kami berdua mengkurasi sejumlah puisi Chairil Anwar yang kemudian dipilih dan direspons ulang bersama tujuh perupa seni kontemporer, tujuh aktor pembaca puisi dan seorang musisi muda,” ujar Mira Lesmana di Gedung Sarinah Jakarta.

Sependapat pernyataan Riri Riza bahwa memperkenalkan kembali karya-karya besar Chairil Anwar kepada generasi muda, berarti menghargai kebudayaan dan kesenian Indonesia.
“Kompilasi karya ini adalah sebuah interpretasi terhadap puisi-puisi Chairil Anwar. Semua video dibalut dengan musik hasil karya musisi muda ternama Baskara Putra yang juga dikenal dengan nama Hindia” ungkap Riri Riza.

Ketujuh perupa seni kontemporer adalah Ruth Marbun, Rachmat Hidayat Mustamin, Nani Puspasari, Angki Purpandono, Ria Papermoon, Iwan Effendi dan Tromarama. Sebagai pembaca puisi ada tujuh aktor ternama yaitu Lukman Sardi, Ine Febrianti, Jerome Kurnia, Reza Rahadian, Christine Hakim, Nicholas Saputra dan Happy Salma.

Direktur Perfilman, Musik dan Media (PMM) Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbud Ristek, Ahmad Mahendra mengemukakan, Kemendikbud Ristek akan terus mendukung program yang dapat memperkuat ekosistem kebudayaan, memperbanyak praktik dan kebermanfaatan yang bisa dirasakan langsung oleh masyarakat umum, khususnya generasi muda.

Cekak aos, Chairil Anwar adalah seorang penyair Indonesia modern dari Angkatan 45 yang karya-karyanya dikenal penuh keberanian, pemberontakan dan membawa perubahan dalam Bahasa Indonesia.

“Bahkan, Chairil Anwar berani melawan pendirian Keimin Bunka Shidoso (Pusat Kebudayaan) yang didirikan Jepang tahun 1943 sebagai gerakan propaganda Asia Timur Raya terutama di bidang seni rupa, film, musik dan sastra,” timpal Mira Lesmana lagi.
Film pendek produksi Miles Films ini mulai tayang di Indonesian TV yang dikelola Balai Media Kebudayaan dan didukung oleh Kemendikbud Ristek RI. (pik)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *