Connect with us

Kabar

Meriahnya daMen Mundakjaya Festival Tahun 2023

Published

on

daMen Mundakjaya Festival Tahun 2023, 24-26 Agustus 2023/foto: istimewa

INDRAMAYU, JAYAKARTA NEWS— daMEN Mundakjaya Festival Tahun 2023 berlangsung meriah. Festival yang resmi dibuka oleh Camat Cikedung Encep RS didampingi Kepala Desa Mundakjaya Dariyah dan tamu istimewa Yogyakarta Royal House, Kamis (24/8/2023) mendapat sambutan hangat dari masyarakat yang berbondong-bondong meramaikan acara yang berlangsung hingga Sabtu (26/8/2023).

Berawal dari kesadaran bahwa pembakaran daMEN atau jerami paska panen memberikan dampak pada polusi udara, selain itu juga berpengaruh pada unsur hara kesuburan tanah. Kemudian muncul ide memanfaatkan atau mengolah jerami menjadi produk yang bermanfaat. Jerami tidak lagi dibakar melainkan dikreasikan menjadi produk yang bernilai.

Jerami yang biasanya dibakar setelah panen, diolah menjadi produk yang menarik/foto: istimewa

Ini adalah kali kedua daMEN Mundakjaya Festival digelar.  Festival ini juga dimeriahkan dengan pameran seni rupa bersama  Perupa Indramayu— Ade Rere Riyanto, Saitor Hidayat, Kingjerry Art, Lobus Songjulas, Sudarman Ssn, Umi & Umu, Bester SMA Negeri 1 Terisi, Rumah Daluwang Kardono Datasawala— juga ada  Perupa Yogyakarta— Tim RoyalHouse, L Surajiya, Eko Rahmi, Ndoro Pono, M.H Irawan, Iyan Antana, Ki Mujar Sangkerta.

Selain itu juga ada pertunjukan seni Royal House Yogyakarta (M.H Irawan, Bambang Haryana, Ki Mujar Sangkerta, Dr. Memet Chairul Slamet, Ndoro Pono Gimbal, Komang Gimbal, Kecuk Rastaman Gimbal, Firmansyah Firman, Iyan Antana, Eko Rahmy, Surajiyo, Marco Dinarta, Ari Tejo).

daMen Mundakjaya Festival Tahun 2023, /foto: istimewa

Tari Lovie Mask Dance dari Sanggar Sabda Palon Naya Genggong, Asem Gede, Kencana Kembar Kencana Kembar Dance, Rengeng Santrian, dll.

Yang berminat pada jerami, juga bisa mengikuti workshop damen tentang pemanfaatannya untuk pertanian juga kesenian. Dan yang tak kalah menarik adalah workshop membuat, memainkan dan memamerkan Wayang Damen bersama Ki Mujar Sangkerta Jogja yang diikuti oleh Siswa-siswi SMP, SMA, pemuda karang taruna dan warga setempat.***

Continue Reading
Advertisement
1 Comment

1 Comment

  1. KI MUJAR SANGKERTA

    August 25, 2023 at 7:06 pm

    Terimakasih sedalam-dalamnya kpd Yth. Redaksi JAYAKARTA_NEW, Kusudin kagem OM ROSO DARAS yg selalu membantu untuk meliput kegiatan-kegiatan sosial kami beraktivitas Seni Budaya bersama masyarakat. Smoga liputannya bermanfaat, menjadi Edukasi dan menginspirasi Masyarakat luas, terutama Generasi Milenial saat ini dan mendatang. Salam Produktivitas dan Kreativitas tanpa batas. KI MUJAR SANGKERTA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *