Menyeramkan?! Facebook sekarang melacak Anda di toko

 Menyeramkan?! Facebook sekarang melacak Anda di toko

JIKA  Anda aktif  di Facebook, Anda tahu bahwa situs tersebut mengetahui  banyak tentang Anda, teman-teman Anda, dan juga minat Anda, termasuk jika Anda ke toko.

Tapi sekarang Facebook juga mengawasi di mana Anda berada. Dan fitur Facebook baru ini telah diberi label “scary” (menakutkan) oleh beberapa penyokong privasi dalam medsos.

Ya, situasinya kita sekarang tengah memasuki dunia yang diprediksi dalam film Tom Cruise 2002, Minority Report. Di dalamnya, Cruise masuk ke toko-toko dan langsung dikenal dan ditargetkan.

“Halo, selamat datang kembali ke The Gap! Bagaimana cara kerja tank top yang berbeda itu bagi Anda?”,  teriak  hologram. Kedengarannya tidak masuk akal … sampai sekarang.

Praktisi dan ahli marketing  Lauren Doyle mengatakan fitur pelacakan baru Facebook yang disebut “Local Awareness”  (Kesadaran Lokal) tidak begitu bersahabat terutama kepada orang yang lebih tua.

“Untuk beberapa generasi, itu benar-benar tidak nyaman,” katanya.

Menggunakan layanan lokasi ponsel Anda, ia menargetkan pengguna di dekat toko, kemudian melacak untuk melihat apakah Anda mengunjungi bisnis itu.

 

Facebook Mempelajari Lebih Banyak Lagi

Selain itu, Facebook juga  mengetahui hal lain tentang Anda. “Facebook tahu apa yang Anda suka; ia tahu di mana teman-teman Anda berada, berdasarkan aktivitas dan check-in mereka,” kata Doyle. “Anda telah membuat jejak digital besar ini untuk diri Anda sendiri dan Facebook mengambil keuntungan dari itu.”

Doyle mengatakan langkah berikutnya yang logis adalah peringatan push pada ponsel Anda ketika Anda memasuki toko, seperti Tom Cruise dalam film, tetapi tanpa model hologram.

“Anda akan mendapatkan notifikasi  ke telepon Anda yang mengatakan ‘Oh, si John  telah check in di sini,’ atau ada kesepakatan khusus tentang sepatu, atau hal-hal yang kita minati,” kata Doyle.

 

Kekhawatiran Pembeli

Beberapa pembeli memberi tahu  bahwa mereka baik-baik saja dengan itu. “Sejujurnya, jika itu berarti mereka adalah  target iklan yang lebih baik yang lebih relevan bagi saya, itu baik-baik saja bagi saya,” kata seorang pekerja pusat kota.

Tapi pembelanja Tolandra Coleman merinding. “Bagi saya, saya pikir itu terlalu berlebihan,” katanya. Misalnya, apakah Anda ingin agar Facebook mengetahui bahwa Anda mengunjungi toko obat pada pukul 11 ​​malam Jumat  lalu?

Namun, sebelum Anda menjadi terlalu panik, ada kabar baik. Facebook bersikeras bahwa Anda akan anonim, ketika berbagi data pelacakan dengan toko. Ini untuk menguntungkan mereka, bukan untuk menargetkan Anda, pada titik ini. Ini akan membiarkan toko tahu jika orang melihat iklan mereka, lalu masuk ke dalam.

Selain itu,  Anda pun dapat mematikannya.

“Facebook memungkinkan Anda memblokir layanan atau memutuskan seberapa banyak profil Anda dapat diakses  publik, sehingga Anda selalu dapat mengunci informasi itu,” kata Doyle.

 

Bagaimana Mematikannya?

Masuklah ke pengaturan Facebook Anda, di sudut kanan atas halaman Anda.

Klik menu tarik-turun di bawah “privasi.”

Di bagian privasi, buka “pengaturan.”

Lalu cari “iklan.”

Untuk setiap pengaturan iklan, pilih “tidak,” dan Facebook tidak akan lagi melacak dan menargetkan Anda.

Itu sesuatu yang harus dilakukan Tolandra Coleman.

“Saya suka bisa memilih, jika saya ingin informasi itu di luar sana,” katanya.

 

Pilihan Lebih Mudah, Lebih Lengkap

Pilihan yang lebih sederhana adalah dengan hanya mematikan layanan lokasi ponsel Anda sepenuhnya.

Sayangnya, itu mengganggu pemetaan, cuaca, dan aplikasi mengemudi seperti Waze, yang perlu mengetahui lokasi Anda yang sebenarnya.

Jadi Anda memutuskan berapa banyak privasi yang Anda inginkan, sehingga Anda tidak membuang-buang uang Anda.***

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *