Menhub Apresiasi PT KCI Dukung Percepatan Penanganan Covid-19

 Menhub Apresiasi PT KCI Dukung Percepatan Penanganan Covid-19

Menhub Budi Karya Sumadi, meninjau pelaksanaan kegiatan vaksinasi massal di Stasiun Manggarai yang diselenggarakan PT Kereta Commuter Indonesia (KCI), Jumat (3/9). (Foto: Istimewa)

JAYAKARTA NEWS – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau pelaksanaan kegiatan vaksinasi massal di Stasiun Manggarai oleh PT Kereta Commuter Indonesia (KCI), Jumat (3/9).  Menhub mengapresiasi PT KCI yang secara konsisten mendukung program pemerintah dalam rangka mempercepat penanganan Covid-19, khususnya di wilayah aglomerasi seperti Jabodetabek.

“Saya senang sekali PT KCI konsisten sekali melakukan kegiatan vaksinasi massal. Sudah lebih dari 12.000 orang yang melakukan vaksinasi, yang membanggakan adalah PT KCI menggandeng banyak relawan dan dokter,” kata Menhub.

Menhub meminta PT KCI untuk terus konsisten mendorong pelaksanaan vaksinasi massal di stasiun kereta komuter, untuk meningkatkan partisipasi masyarakat melakukan vaksinasi di daerah sekitar Jakarta, seperti: Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. “Di Jakarta sudah banyak yang divaksin. Kita harus dorong yang di Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi, berkolaborasi dengan TNI dan Polri,” jelas Menhub.

Menhub mengungkapkan, simpul-simpul transportasi seperti terminal, stasiun, pelabuhan dan bandara, telah dijadikan sebagai salah satu sentra vaksinasi massal di berbagai daerah dan telah secara intensif dilakukan.

Menurut Menhub, pelaksanaan vaksinasi di simpul-simpul transportasi harus terus diintensifkan, karena vaksinasi juga menjadi salah satu syarat perjalanan perjalanan jarak jauh, sehingga Kemenhub terus mendorong program vaksinasi massal di simpul-simpul transportasi, agar masyarakat yang bepergian lebih aman dan mengurangi resiko tertular virus Covid-19.

“Di Bandara Soetta kami kerja sama dengan TNI/Polri dan operator penerbangan untuk menyelenggarakan vaksinasi. Kita tahu bahwa mereka yang terbang itu harus vaksin dua kali supaya bisa terbang dengan cukup tes antigen. Kalau baru satu kali vaksin harus tes PCR,” ujar Menhub.

Sebagaimana diatur dalam Instruksi Mendagri, Surat Edaran Satgas Covid-19 dan Surat Edaran Kemenhub bahwa untuk perjalanan dengan pesawat udara antarkota atau kabupaten di dalam Jawa-Bali dapat menunjukkan hasil negatif antigen (H-1) jika sudah memperoleh vaksinasi dosis kedua, dan hasil negatif PCR (H-2) jika baru memperoleh vaksin dosis pertama.

Stasiun Manggarai merupakan stasiun ke-10 (sepuluh) yang menggelar program vaksinasi, setelah sebelumnya telah dilaksanakan di 9 (sembilan) stasiun yaitu diantaranya di Stasiun Duri, Angke, Jakarta Kota, Cikarang, Maja, Rangkasbitung, Juanda, Lenteng Agung, dan Kalideres. Sejak 25 Juli lalu sampai dengan 2 September 2021, tercatat sudah ada total 12.141 orang yang mengikuti program vaksinasi di sembilan stasiun tersebut.

Program vaksinasi yang diselenggarakan di Stasiun Manggarai pada Jumat (3/9) menargetkan sebanyak 200 orang, dengan menggunakan vaksin Sinovac dosis pertama dan kedua untuk masyarakat dengan usia 12 tahun keatas. Masyarakat yang ingin melakukan vaksin, cukup mendaftar secara online serta membawa Kartu Tanda Penduduk untuk pendaftaran dan validasi. Pelaksanaan vaksin berlangsung sejak pukul 09.00 pagi hingga pukul 13.00 WIB.

Turut hadir dalam kegiatan ini Direktur Jenderal Perkeretaapian Zulfikri, Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia Didiek Hartantyo, Direktur Prasarana Perkeretaapian Harno Trimadi, serta Plt Direktur Utama PT KAI Commuter Indonesia Roppiq Lutzfi Azhar. (*/mel)

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *