Mawar Indah Pasar Lama

 Mawar Indah Pasar Lama

JELANG perayaan Valentine’s Day (hari kasih sayang), penjualan bunga di Pasar Lama Kota Tangerang naik drastis. Dari pengamatan jayakartanews kemarin, para pembeli bunga umumnya dari kalangan remaja, baik perempuan ataupun laki-laki. Jenis bunga yang mereka beli, umumnya bunga mawar.

“Permintaan bunga mawar sangat tinggi. Hari ini, ramai sekali. Malah sudah dari kemarin dulu,” ujar Tari, salah seorang penjual bunga d Pasar Lama. Prinsip ekonomi pun terjadi, ketika permintaan tinggi, harga terkerek naik. Tak pelak, bunga mawar yang biasanya dibanderol Rp 5.000 per tangkai, sejak tiga hari lalu, harganya naik tiga kali lipat, Rp 15.000 per tangkai.

Tari mengatakan, yang ia lakukan bukan “aji mumpung”. Menurut dia, kenaikan harga bunga mawar bukan ditentukan sepihak oleh pedagang eceran. “Kami mengambil dari agen juga naik, jadi ya tidak mungkin jual lima ribu, tekor nanti,” kilahnya.

Meski begitu, kenaikan harga tidak mengurangi animo anak muda belanja bunga untuk sang kekasih dan orang-orang terkasih. “Saya saja, satu hari bisa menjual sekitar 1.000 tangkai. Jadi kalau dihitung omzet seluruh pedagang bunga di Pasar Lama, ya bisa puluhan ribu tangkai bunga,” ujar Tari pula.

Seorang pemuda bernama Sandi, mengaku datang dari Cipondoh ke Pasar Lama spesial membeli bunga mawar. “Kebetulan sedang tidak jomblo nih, jadi yaaa… beli bunga buat pacar,” ujar Sandi sambil tersenyum. Soal harga, menurutnya terjangkau. “Soal harga, wajarlah…. Dan di Pasar Lama ini, bunganya bagus, dan banyak pilihan,” tambah Andi.  ***

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *