Masyarakat Berjejer Lihat Mupen On The Road

 Masyarakat Berjejer Lihat Mupen On The Road
Mobil Mupen on the road diberangkatkan oleh wakil bupati kab.mojokerto didampingi pejabat BKKBN. (foto:istimewa)

Jayakarta News – Semarak konvoi dari Mobil Unit Penerangan (Mupen) milik kantor Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) yang melewati jalanan di sekitar Kabupaten Mojokerto (bumi Mojopahit), mempunyai daya tarik tersendiri bagi masyarakat sekitarnya. Iring-iringan mobil tersebut disambut antusias para pengendara yang berjejer di jalan raya dan menikmati pemandangan yang jarang ditemui sehari-hari.

Tidak kurang dari 38 mobil Mupen berkonvoi dengan suara sirene yang menarik perhatian itu, diberi title “Mupen On The Road”. Program konvoi kendaraan tersebut merupakan salah satu kegiatan untuk memperingat Hari Keluarga Nasional (Harganas) yang ke-26 dan untuk tingkat Provinsi Jatim dipilih Mojokerto sebagai kota tuan rumah pada puncak acara yang berlangsung pada Minggu (26/6) malam. Sedangkan 38 mobil mupen itu milik kantor BKKBN Mojokerto dan kantor BKKBN Jatim.

Rombongan konvoi itu diberangkatkan langsung oleh Wakil Bupati Mojokerto Pungkasiadi didampingi Inspektur Utama BKKBN Pusat Agus Sukiswo, Kepala Perwakilan BKKBN Prov. Jawa Timur Yen Rizal Makmur, Sekdakab Herry Suwito, serta Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (DP2KBP2) Kabupaten Mojokerto Joedha Hadi, di Pendopo Graha Maja Tama sebagai titik start.

Selanjutnya konvoi bergerak ke arah Kenanten-By Pass (Tugu UKS)-Jl. Raya By Pass-Trowulan-Jl. Raya Pendopo Agung-Candi Tikus-Jatirejo-Gondang-Pandan-Sumberglagah-Taman Ghanjaran Trawas (untuk ishoma), dan finish di GOR Gajahmada Mojosari dengan diterima kembali Kepala DP2KBP2 Joedha Hadi disana. Total rute yang ditempuh berkisar 60 km.

Selain memeriahkan Harganas, konvoi mupen KB dimaksudkan sebagai upaya penggerakan dan KIE (Komunikasi, Informasi, dan Edukasi) program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK). 

Mupen milik BKKBN cukup strategis fungsinya karena bisa menjangkau ke desa-desa terpencil yang tidak biasa dilalui oleh mobil-mobil biasa. Di dalam mobil tersebut juga ada seperangkat alat-alat canggih yang dibutuhkan petugas dalam menyiarkan program KB manakala dibutuhkan.

Oleh karena itu Mupen di setiap kota/ kabupaten selalu ada dan siap dalam melaksanakan tugas bagi para petugas KB yang akan melakukan tugasnya ke desa-desa terpencil. Kehadiran Mupen di setiap kantor KB selalu diperlukan dan stand by setiap saat manakala dibutuhkan.

Sesuai rilis yang diterima JN dari lia petugas humas dari BKKBN Jatim, acara Harganas ke-26 tingkat Jatim itu dimulai dari 29 Juni hingga 30 Juni. Acaranya meliputi generasi berencana folowship, pemantapan pengelolaan UPPKS dan pameran, mupen on the road, seminar kependudukan, pameran gelar dagang produk unggulan UPPKS, aksi genre, membagikan souvenir ke masyarakat, pembinaan pkb, talk show, pers confrence, ceremonial Harganas dan sinau bareng Cak Nun dan Kiai Kanjeng. (poedji)

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *