Malaysia Songsong Penobatan Yang di-Pertuan Agong

 Malaysia Songsong Penobatan Yang di-Pertuan Agong

RAKYAT Malaysia besok, Senin 24 April, akan menyaksikan peristiwa bersejarah dalam penobatan Sultan Kelantan, Sultan Muhammad V, sebagai Yang di-Pertuan Agong ke-15 menggantikan Tuanku Abdul Halim Mu adzam Shah.

Penobatan itu untuk kedua kalinya akan dilangsungkan di Balairung Seri, Istana Negara, Jalan Tuanku Abdul Halim. Sebagaimana dimaklumi, Sultan Malaysia bergelar Yang di-Pertuang Agong, yang diberikan secara bergilir kepada sembilan Sultan yang berkuasa di negara bagian yang ada di bekas jajahan Inggris itu.

Untuk acara tersebut, Istana Negara telah dihias indah, lampu warna-warni memperindah suasana istana negara. Selain itu juga dipasang poster-poster dan kain yang dibentangkan dengan foto Yang di-Pertuan Agong, yang ditempatkan di lokasi-lokasi strategis sekitar ibu kota menuju ke Istana Negara. Suasananya sangat semarak.

Penobatan itu menandai beralihnya kekuasaan secara resmi kepada Sultan Muhammad V, yang akan memegang tampuk pemerintahan sebagai Yang di-Pertuan Agong ke-15. Menurut pejabat Istana, Azuan Effendy Zairakithnaini, pemilihan tanggal penobatan yang bertepatan dengan hari besar Islam, Israq dan Mikraj, datang dari Sultan sendiri, setelah mendengarkan nasihat dari para ulama dan mufti.

Acara penobatan yang hanya bisa disaksikan lima tahun sekali ini, akan dimulai pada 09.30 waktu Malaysia, dan kabarnya akan disiarkan lengsung oleh Radio Televisyen Malaysia (RTM). Sebelumnya, Sultan Muhammad V sudah mengangkat sumpah jabata dan meneken surat sumpah jabatan pada 13 Desember 2016 yang mengukuhkan dan melegitimasi dirinya se bagai Yang di-Pertuan Agong. Dengan kedudukan ini, dia akan bertindak sebagai ketua negara.
Dengan penobatan itu, maka untuk kedua kalinya Sultan Kelantan dilantik sebagai Yang di-Pertuan

Agong, selepas  Sultan Yahya Petra Ibni Almarhum Sultan Ibrahim yang dikukuhkan  sebagai Yang di-Pertuan Agong Ke-6 yang memerintah  dari 21 September 1975 hingga 29 Maret 1979.

Sultan Muhammad V bermama kecil  Tengku Muhammad Faris Petra, yang lahir  pada 6 Oktober  1969 di Istana Batu, Kota Bharu, Kelantan.  Dia adalah  putera pertama  Sultan Ismail Petra dan Tengku Anis Tengku Abdul Hamid. Gelar  Sultan Muhammad V disandangnya setelah dikukuhkan sebagai  Sultan Kelantan ke-29 pada 13 September 2010.

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *