Mahasiswa Stikosa-AWS Ngonten Digital Bareng Warga untuk Pengembangan Wisata Bahari Sontoh Laut

 Mahasiswa Stikosa-AWS Ngonten Digital Bareng Warga untuk Pengembangan Wisata Bahari Sontoh Laut

Salah seorang mahasiswa Stikosa-AWS tampak sedang mengbadikan suasana pantai sontoh (foto: poedji)

JAYAKARTA NEWS– Sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat, sekelompok mahasiswa STIKOSA – AWS yang tergabung dalam Kuliah Kerja Lapangan (KKL) berkolaborasi dengan warga Kelurahan Sontoh Laut, Kecamatan Asem Rowo, Surabaya, untuk “Ngonten Digital” atau membuat konten video dan foto bareng untuk diunggah di media sosial.

Produksi konten video dan foto tersebut bertujuan untuk membantu pemerintah kota Surabaya dan perekonomian warga, dalam pengembangan potensi wisata bahari di Sontoh Laut, yang sangat menarik untuk dikunjungi masyarakat, selain beberapa lokasi wisata pantai laut yang ada di Surabaya.

Ketua STIKOSA – AWS Dr. Meithiana Indrasari, S.T., M.M. berharap dengan adanya kegiatan KKL di Wisata Bahari Sontoh Laut, dapat meningkatkan literasi digital masyarakat di wilayah tersebut.

“Bukan hanya sekedar konten, tapi lebih dalam dari itu. Bagaimana mempromosikan produk atau pun tempat wisata dengan cara yang tepat dan benar. Dan semoga saja, ruang-ruang digital kita dipenuhi dengan hal-hal yang positif,” ujar Dr. Mei sapaan akrabnya.

Sejumlah mahasiswa STIKOSA – AWS dalam sebuah kelompok yang tergabung dalam kelompok Kuliah Kerja Lapangan (KKL) berbasis riset tahun 2022, menggelar pelatihan pengembangan strategi komunikasi dan publikasi, sebagai bentuk optimalisasi potensi daerah di Wisata Bahari Sontoh Laut, Asemrowo, Surabaya.

Pelatihan yang dihadiri oleh sekurang-kurangnya 20 orang peserta tersebut digelar mulai tanggal 12 – 25 Juni 2022 dengan melibatkan pelaku UMKM, komunitas nelayan, dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis).

“KKL mahasiswa STIKOSA – AWS berbasis riset ini merupakan kegiatan pengabdian mahasiswa semester 6, yang diharapkan mampu menumbuhkan rasa peduli mahasiswa dan berkontribusi pada warga masyarakat Sontoh Laut, untuk mengembangkan potensi lingkungannya dengan melakukan kegiatan – kegiatan yang dapat menguatkan potensi pariwisata di Sontoh Laut,” ujar Dr. Dwi Prasetyo, selaku Kordinator KKL STIKOSA – AWS.

Dari KKL mahasiswa STIKOSA – AWS berbasis riset ini pula, diharapkan agar terbangun pengembangan masyarakat pada daerah binaan yang aktif, mandiri, berwirausaha, dan sejahtera.

Output dari pelatihan ini pula, masyarakat akan dapat dan mampu menemukan dan mengembangkan potensi ide – ide kreatif untuk membuat konten – konten yang sangat menarik dalam memanfaatkan media digital sebagai ruang promosi usahanya, untuk diwujudkan menjadi kegiatan nyata atau mengembangkan kegiatan yang telah dirintis masyarakat menjadi lebih bermanfaat.

“Melalui pelatihan tersebut, mahasiswa STIKOSA – AWS memberikan pembekalan berupa pengambilan gambar (foto/video), editing, publikasi dan optimalisasi sosial media, serta pemasaran produk UMKM yang seluruhnya dilakukan hanya dengan menggunakan smartphone,” imbuh Dr. Dwi Prasetyo, S. Sos., M. PSDM., yang juga selaku Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) STIKOSA – AWS.

Puncaknya, pada Sabtu (25/06), mahasiswa STIKOSA – AWS mengajak warga Sontoh Laut untuk membuat konten bersama, yang kemudian diunggah melalui akun Instagram resmi milik Wisata Bahari Sontoh Laut ( @wisatasontohlaut ).

Terkait kemanfaatan dari kegiatan pelatihan tersebut, Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Sontoh Laut. Shodiq Mahfudz mengatakan, “Kegiatan pelatihan ini sangat membantu warga, karena sebagian besar warga di sekitar wilayah Sontoh Laut belum bisa mempromosikan produknya, baik dari segi wisata maupun UMKM.”

“Kami warga Sontoh Laut berharap dengan adanya pelatihan ini, warga di sekitar wilayah Sontoh Laut semakin siap menyambut pembangunan Wisata Sontoh Laut oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, melakui tim yang dibentuknya untuk melakukan pendampingan dan pembinaan,” tambah Shodiq Mahfudz.

Senada dengan Shodiq Mahfudz, Syachwaldan Rizky selaku Ketua pelaksanaan program KKL di Wisata Bahari Sontoh Laut mengatakan, “Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan keterampilan dalam berkomunikasi melalui publikasi di era digital, agar nantinya warga dapat mempromosikan potensi serta daya tarik dari Wisata Bahari Sontoh Laut secara mandiri dengan lebih efektif”.

Perlu diketahui sebelumnya, bahwa Wisata Bahari Sontoh Laut memang sudah mendapatkan perhatian dari Pemkot Surabaya. Pemkot berkolaborasi dengan Kreatureseries dan pihak sponsor menggelar Sayembara Desain Sontoh Laut pada akhir tahun lalu. Di mana hal tersebut merupakan langkah awal dari pembangunan Wisata Bahari Sontoh Laut yang rencananya akan dimulai pada pertengahan tahun ini. Mahasiswa STIKOSA – AWS mencoba berpartisipasi dengan membangun keterampilan warga dalam berkomunikasi di era digital. (poedji)

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.