Connect with us

Kabar

Mahasiswa Asal Indonesia Menang Kompetisi Puji Rasul TV Iqra Mesir

Published

on

JAYAKARTA NEWS – Mukhlis Latasi mahasiswa asal Indonesia mengharumkan nama negara dengan memenangi kompetisi internasional Puji Rasul yang diselenggarakan TV “Iqra” Mesir. Salah satu saluran telivisi terkenal di Timur Tengah yang berbasis di Arab Saudi dan memiliki berbagai cabang di berbagai negara, termasuk China, Amerika Utara dan Kanada. Dalam kompetisi ini Mukhlis Latasi melantunkan shalawat untuk memanjatkan doa dan memuji Nabi Muhammad SAW.

Pria yang berdarah campuran Sulawesi, Palu, dan Manado tersebut berhak menerima hadiah sebesar 50.000 Riyal Saudi atau senilai Rp 200 juta, setelah berhasil menyisihkan lima orang kontestan lainnya dari berbagai negara dalam acara final pada tanggal 11 April 2021.

Sementara itu juara kedua diraih Muhammad Akmal Haroun dari Mesir dengan hadiah 30.000 Riyal Saudi dan juara ketiga diraih oleh Abdul Aziz Hussein dari Arab Saudi dengan hadiah 20.000 Riyal Saudi.

Mukhlis yang masih berstatus mahasiswa pascasarjana (S2) Fakultas Hadis, Universitas Al Azhar Cairo tersebut tidak menyangka akan meraih juara pertama. “Saya mengikuti acara ini hanya iseng dan coba-coba saja. Saya memberanikan diri setelah diminta oleh guru, seorang warga Mesir yang selama ini melatih nasyid,” tutur alumni Pesantren Al-Khairat cabang Kalimantan Utara tersebut.

Menurutnya tidak mudah bersaing dengan peserta dari berbagai negara, seperti Mesir, Arab Saudi, Lebanon, dan Syiria yang nota bene Bahasa Arab merupakan bahasa ibu mereka. Sementara pria yang lahir di Nunukan Kalimantan Utara tersebut merupakan satu-satunya peserta dari Indonesia. 

Setelah melalui persaingan yang sangat ketat sejak bulan Februari lalu, pada episode terakhir (11/4/2021), Mukhlis berhasil menyisihkan lima orang kontestan lain. Mereka adalah Muhammad Akmal Haroun dan Ahmed Youssef Khader warga negara Mesir, Abdulaziz Hussein warga negara Arab Saudi, Bashir al-Madani dari Syria dan Omar Abdul Nasser Kabbara dari Lebanon. 

Adapun para juri dalam kompetisi “Puji Rasul” ini sebanyak empat orang dari beberapa negara Arab dengan bidang keahlian dan profesi yang beragam. Mereka adalah ahli maqamat Dr. Taha Abdel Wahab, vokalis Muhammad Yassin Al-Marashli, komentator suara dan media Abdul Rahman Al-Jabarti dan ahli khotbah Ahmed Al-Talhi.

Secara terpisah Atdikbud KBRI Cairo Bambang Suryadi turut bangga dan bersyukur atas prestasi mahasiswa Indonesia di kancah internasional tersebut. “Prestasi ini selain mengharumkan nama negara dan juga membuktikan bahwa mahasiswa Indonesia di Mesir sangat kreatif dan berbakat dalam berbagai bidang. Mereka tidak hanya belajar ilmu agama, tetapi juga mengasah bakat dan minat dalam bidang seni dan budaya”, ucapnya seraya menambahkan capaian ini merupakan kado terindah dalam menyambut bulan Ramadhan 1442 H. 

Menurutnya selain berprestasi di bidang akademik, mahasiswa juga dituntut untuk berprestasi di bidang non akademik, seperti tilawah dan nasyid. Kompetensi di bidang seni seperti ini menjadi aset penting bagi para mahasiswa dalam meniti karier di masa depan. (*/rr)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *