Connect with us

Kabar

LPTQ DKI Gelar Musabaqah Karya Tulis Ilmiah Al-Quran

Published

on

Ketua Hakim Penilai MTKIQ DKI Prof. Darwis Hude sedang memberikan penjelasan teknis perlombaan/foto: istimewa

JAYAKARTA NEWS— Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Provinsi DKI Jakarta tengah menggodok dan mencetak  talenta emas yang menguasai isi kandungan  Qur’an. Melalui kegiatan Musabaqah/Lomba Karya Tulis Ilmiah Al-Quran (MKTIQ) yang dilaksanakan pada Sabtu (25/11), di kantor Walikota Jakarta Selatan.  Sebanyak 11 peserta mengikuti lomba untuk dapat meraih pemenang 1, 2 dan 3 serta harapan 1,2 dan 3.

Ketua LPTQ DKI Jakarta Muhammad Ali mengatakan, pada MKTIQ 2023, peserta lomba dituntut untuk mampu menulis  ilmiah secara reflektif dengan mengacu ayat-ayat suci Al-Qur’an, kitab-kitab tafsir, dan referensi lain yang relevan. Dengan demikian, diharapkan nantinya akan banyak lahir ahli ilmu Al-Qur’an yang mampu menulis karya tulis isi kandungan Al-Qur’an secara ilmiah dan berbobot.

Ketua Dewan Hakim atau Hakim Penilai Prof. Darwis Hude M.Si menjelaskan, pada MKTIQ kali ini peserta diberikan dua  pilihan tema besar. Yakni: (1) Menuju Kepemimpinan yang Adil dan Jujur, dan (2) Merawat Keutuhan Bangsa. Peserta bebas memilih salah satu tema tulisan. Panjang tulisan sebanyak 11 halaman, spasi 1,5, dengan kertas ukuran kuarto (A4).

Peserta tampak tengah serius mengikuti MTKIQ./foto: istimewa

Peserta harus menyelesaikan karya tulis ilmiah di arena lomba dengan laptop yang tersedia dalam  rentang  waktu 5 jam.  Lebih dari waktu yang ditentukan, akan mendapat pengurangan nilai.

Berdasarkan pengamatan di arena lomba, sebagian besar peserta mampu memanfaatkan waktu yang disediakan dengan efektif. Hanya sebagian kecil saja yang mengalami krisis waktu.

Hakim Penilai MTKIQ  DKI Jakarta terdiri dari Prof. Darwis Hude sebagai ketua dengan hakim anggota Dr. Abdul Muis, Dr. Ulin Nuha, Dr. Muhammad Ishom, dan Ahmad Fahruddin M.Si. Pengumuman pemenang MTKIQ akan dilakukan bersamaan dengan pengumuman cabang lomba MTQ lainnya pada penutupan acara 13 Desember 2023. (abh)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *