‘Losmen Bu Broto’ – Serial Drama TVRI Diangkat ke Film

 ‘Losmen Bu Broto’ – Serial Drama TVRI Diangkat ke Film

(foto:istimewa)

JAYAKARTA NEWS – Serial drama TVRI berjudul ‘Losmen’ sebanyak 35 episode ini cukup terkenal di tahun 1986-1989. Disutradarai Wahyu Sihombing dan skenario oleh Tatiek Maliyati WS ini kehadirannya sangat ditunggu oleh seluruh keluarga di rumah.

Pernah drama ini diangkat ke film dan bertajuk ‘Penginapan Bu Broto” tahun 1987 oleh Tatiek Maliyati WS. Kali ini, serial terkenal ini diangkat lagi ke film oleh sutradara Ifa Isfansyah dan Eddie Cahyono. Judulnya ‘Losmen Bu Broto’. Full syuting di Jogjakarta, film ini akan tayang di seluruh bioskop di Indonesia mulai 18 November 2021.

Kali ini, pemeran drama Losmen yang masih bertahan di film hanya Mathias Muchus yang  dulu berperan sebagai Tarjo dan kini didapuk menjadi pak Broto. Pemeran lain adalah Maudy Koesnaedy, Maudy Ayunda, Baskara Mahendra, Putri Marino, Marthino Lio, Landung Simatupang, Danilla Riyadi, Erik Estrada, Kenes Andhari dan seabreg pemeran lain dari Jakarta dan Jogjakarta.

Losmen (dalam drama dikenal Losmen Srikandi) adalah tempat penginapan terkenal di Jogja dan acap menjadi pembicaraan di kalangan wisatawan lokal dan asing. Dikelola oleh Bu Broto  (Maudy Koesnaedy) yang dibantu oleh 3 anaknya : mbak Pur (Putri Marino) yang memasak berbagai menu di dapur, jeng Sri (Maudy Ayunda) yang hobi menyanyi dan Tarjo (Baskara Mahendra) yang masih kuliah.

Konflik mencuat ketika jeng Sri hamil akibat perbuatan pacarnya, seniman Jarot (Marthino Lio). Lalu bagaimana solusi untuk memecahkan masalah ini, sementara masalah lain timbul. Dengan hangat dan ramah, Bu Broto yang dibantu suaminya, pak Broto, satu persatu berhasil memberikan jalan terbaik buat keluarganya dengan sifat keperempuanannya, dan memberikan rasa keluarga yang besar baik terhadap keluarga besarnya maupun para tamu yang jadi langganannya. Rasa aib pun lenyap berkat tangan dingin dan ketegaran Bu Broto.

“Film ini enggak sangat Jogja. Bisa dinikmati buat semua keluarga di Indonesia meski berlatar Jogja,” sergap Ifa Isfansyah. Dalam hal pemeranan, akting Maudy Koesnaedy bermain cemerlang. Juga Putri Marino yang bermain bagus. Mathias Muchus yang didapuk jadi pak Broto (dulu diperankan Mang Udel) tak diragukan lagi seni perannya. Film yang diadaptasi dari serial drama ini pantas ditonton asal menerapkan prokes ketat. Selamat kepada Ifa dan Eddie! (pik)

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *