Lima Hal yang Wajib Diperhatikan Pemudik di Bandara Kuala Namu

 Lima Hal yang Wajib Diperhatikan Pemudik di Bandara Kuala Namu
Bandara Kuala Namu, Deli Serdang, Sumatera Utara, bersiap antisipasi peningkatan penumpang arus mudik 2018. Foto: Monang Sitohang

AKTIVITAS penerbangan arus mudik menyambut liburan Idul Fitri tahun 2018, akan mulai mengalami kelonjakan penumpang di Bandara Kualanamu International Airport (KNIA). Tentunya pihak Otoritas Bandara Wilayah II Medan segera melakukan tugas dan fungsinya, mulai melakukan pengaturan, pengendalian dan pengawasan kegiatan terhadap keselamatan, keamanan, kelancaran, serta kenyamanan penerbangan di bandar udara.

Demikian disampaikan Kepala Otoritas Bandara (Otband) Wilayah II Bandara Kualanamu International Airpport (KNIA), Bintang Hidayat kepada wartawan saat diwawancarai diruangan kerjanya, Rabu (6/6). “Kita memastikan kesiapan fasilitas, pelayanan dan pengoperasian seperti melakukan recheck bandara, air line, navigasi, juga melakukan tes narkoba kepada pilot, kru penerbangan serta penambahan extra flight. Pengawasan pelaksanaan standar kinerja operasional pelayanan bandar udara, angkutan udara, keamanan penerbangan, pesawat udara dan navigasi penerbangan,” ujar Bintang.

Kemudian Bintang menambahkan demi kenyamanan dan kelancaran penumpang, ada 5 (lima) imbauan yang diberikannya untuk dipatuhi oleh pengguna jasa penerbangan, baik itu di areal bandara maupun di pesawat terbang.

Kepala Otoritas Bandara (Otband) Wilayah II Bandara Kualanamu International Airpport (KNIA), Bintang Hidayat. Foto: Monang S

Pertama, tidak melakukan joke bom atau bercanda soal bom di bandara maupun dalam pesawat. “Penumpang yang melakukan joke bom akan diproses secara hukum dan bisa dipidana penjara sesuai Pasal 437 Undang-undang Nomor 1 Tahun 2009 Tentang Penerbangan. Selain itu, Petugas akan kembali melakukan pensterilan dan penyisiran ulang yang akan menghabiskan waktu dua jam sehingga akan berdampak terganggunya jadwal penerbangan dan kenyamanan penumpang lainnya,” jelasnya.

Kedua, tarif tiket pesawat. Terkait ini Bintang mengimbau agar penumpang harus waspada terkait masalah harga tiket agar tidak tertipu.

Ketiga, Pelayanan. Bintang mengimbau agar penumpang tidak perlu panik bila terjadi penundaan jadwal terbang (delay,red) karena semua ada kompensasinya sesuai aturan, “Penumpang harus mengetahui peraturan delay. Kalau delay penumpang gak boleh panik pasti semua akan diberikan kompensasi sesuai peraturan penerbangan, dan penyebab delaynya itu banyak faktor salah satu di antaranya cuaca,” katanya.

Keempat, pemeriksaan keamanan. Penumpang harus patuh dengan pemeriksaan yang dilakukan oleh Avsec sebagai petugas bandara, seperti pembukaan tali pinggang, jam tangan dan dilarang keras membawa benda-benda terlarang.

Dan terakhir, Bintang mengimbau agar barang berharga milik penumpang dibawa sendiri jangan dibuat dibagasi. “Kalau ingin dibagasi harus dilaporkan kepada petugas bagasi agar keamanannya terjamin,” pungkasnya. ***

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *