Lepas Pandang di Gunung Ijo Purworejo

 Lepas Pandang di Gunung Ijo Purworejo
Pemandangan dari puncak gunung Ijo, Purworejo.

GUNUNG Ijo terletak di desa Durensari, Kecamatan Bagelen, Kabupaten Purworejo Jawa Tengah. Tempat ini masuk kawasan pegunungan Menoreh, yang memiliki keindahan pemandangan dan keasrian alamnya. Pegunungan Menoreh sendiri merupakan kumpulan dari banyak gugusan perbukitan yang dipenuhi dengan dataran tinggi, lembah, dan jurang.

Di puncak Gunung Ijo terhampar pemandangan menakjubkan, ke arah selatan akan terlihat laut selatan dengan deburan ombaknya yang tinggi. Ke arah utara terlihat hamparan perbukitan terjal yang banyak ditumbuhi pohon cemara.

Ke arah timur ada Waduk Sermo di Kulono Progo, Yogyakarta dengan perahu-perahu wisata yang mengelilingi waduk. Ke arah barat terlihat pusat kota Purworejo. Dengan latar pegunungan dan waduk maka sunrise akan memantul membuat matahari jadi dua.

Untuk ke sini bisa dari pusat kota Purworejo membutuhkan waktu kurang lebih satu jam hingga sampai puncak gunung ijo. Dari alun-alun Purworejo ambil jalan ke arah Yogya, sebelum sampai pasar Krendetan tepatnya di SD Krendetan ke kiri langsung pilih jalan ke desa Durensari.

Dari Krendetan akan melewati Desa Hargorojo baru masuk Durensari. Saat masuk Desa Hargorojo, desa yang terkenal dengan penghasil emas, dan salah satu desa penghasil gula semut ini memiliki pemandangan indah. Jalan yang menajak berliku berada di pinggir tebing, dan di bawah mengalir sungai kecil berbatu cadas merah yang airnya sangat bening dan jernih, adalah pemandangan di Hargorojo menuju Gunung Ijo. ***

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *