Lebih Asyik Main di Pantai Pok Tunggal

 Lebih Asyik Main di Pantai Pok Tunggal
Pantai Pok Tunggal, Gunungkidul, Yogyakarta.

PARANGTRITIS tentu bukan satu-satunya destinasi wisata bahari (pantai) jika kita berwisata ke Daerah Istimewa Yogyakarta. Kabupaten Gunung Kidul, menawarkan pantai yang sangat molek: Pantai Pok Tunggal.

Apabila Anda ingin menikmati pemandangan pantai yang masih sangat natural,tentu Pantai Pok Tungal menjadi jawaban dan salah satu pilihan. Memang masih relatif “sepi” dibandingkan dengan Parangtritis,yang hingar bingar dengan pelbagai fasilitas wisatanya. Tetapi, pasti lebih mengasyikkan bermain pasir di pantai yang masih cukup sepi.

Pantai Pok Tunggal berlokasi di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul,DI Yogyakarta. Posisinya diapit  oleh Pantai Pulang Syawal –namanya lebih dikenal sebagai Pantai Indrayanti– dan Pantai Siung. Panoramanya indah, dengan  pasir putih yang terhampar dan dilengkapi dengan  perbukitan kapur (karst). Pada sisi timur dan barat pantai ini  terdapat tebing karang nan  menjulang. Wow.. banget, pemandangannya.

Sebagai tujuan wisata, Pantai Pok Tunggal termasuk destinasi anyar, karena baru dijelajahi para pelancong sekitar  Mei 2012. Jamak, kalau dibandingkan dengan pantai lain seperti Parangtritis, kebersihan di Pantai Pok Tunggal lebih enak dipandang mata. Tidak banyak sampah berserakan. Upps, Anda pun harus mendukung pantai ini tetap bersih apabila bertandang ke sana. Jika abai dan membuang sampah sembarangan, Anda akan didenda Rp10.000.

Nama Pok Tunggal, memang rada-rada aneh atau nyeleneh. Rupanya, julukan ini diberikan diambilkan dari pohon langka yang hingga kini masih tegak berdiri di sana yakni Pohon Duras atau Pok Tunggal. Selain unik dari penamaannya, pantai ini juga menghadirkan mata air tawar yang berasal dari aliran sungai bawah tanah yang disuguhkan kawasan karst. Air tawar tersebut menjadi sumber kehidupan bagi warga setempat.

Cobalah untuk nongkrong di bukit bagian barat atau timur, pemandangannya aduhai nian. Malah kalau di bukit timur, kita bisa menyaksikan  sejumlah  primata liar yang tengah bermain. Setelah memuaskan mata dengan kemolekan panorama dari atas bukit, Anda bisa berenang atau bermain pasir putih. s Pantainya cukup landai, sehingga aman jika kita berenang di tepian pantai.

Dengan keindahan yang menawan seperti itu, tidak mengherankan kalau kini Pantai Pok juga menjadi sasaran kunjungan wisatawan lokal maupun mancanegara. Tren kunjungan yang terus meningkat, memggugah pengelola pantai ini menyediakan fasilitas untuk istirahat dan mengudap. Tersedia warung dan gazebo untuk disewa. Anda perlu merogoh sekitar Rp 20.000 jika ingin rental gazebo maupun  payung yang berkapasitas  2-3  orang. Untuk yang berminat bermalam,ada pula disewakan tenda dome dengan harga  di kisaran Rp 60.000.

Pantai Pok Tunggal berjarak sekitar 70 kilometer dari pusat kota Yogyakarta. Untuk mencapainya, dapat  ditempuh kendaraan pribadi maupun rental. Butuh waktu kira-kira dua jam jika ditempuh dari kota Jogja. Jalannya cukup bagus,beraspal. Memang,satu kilometer jelang pantai,masih berupa jalan makadam (tanah berbatu). Mungkin ini yang bikin asyik, karena “memaksa” kita jalan sehat.

Rutenya bagaimana? Dari Kota Jogja mengarah ke Piyungan lantas ke Patuk,setelah itu ke Sambipitu lantas ke arah Hutan Bunder. Selanjutnya menuju ke  Gading lalu lanjut ke Logandeng diteruskan ke Siyono kemudian ke  Bundaran Tugu BPD. Dari situ mengarahlah ke Jl. Kyai Legi lalu  ke Jalan Lingkar Selatan, lanjut ke Jl. KRT Djojodiningrat kemudian ke Jl. Girisubo ke  Wonosari. Dari Wonosari silahkan arahkan kendaraan ke  Jl. Saptosari kemudian  Tepus dan lanjut ke  Pok Tunggal. Rute lain bisa menjadi alternatif, yakni dari  Yogyakarta menuju  Imogiri lanjut ke Panggang kemudian ke Jl. Saptosari  lanjut ke Tepus Arah lantas ke Pantai Baron. Ketika tiba di  pertigaan sebelum Pantai Baron, kita  ambil kiri, ke arah  Pantai Indrayanti. Kemudian dari  pertigaan  Pantai Indrayanti, kita belok kiri, terus ikuti  jalan aspal hingga sampai di  Pos Retribusi. Tidak jauh dari  pos tersebut Anda dapat melihat papan  penunjuk arah ke Pantai Pok Tunggal. Mudah bukan? Tinggal ikuti  saja petunjuknya,supaya tidak tersesat. Jika Anda sudah menemukan  jalan yang cor (tidak begitu lebar) atau  jalan batu,berarti Anda sudah sampai di kawasan Pantai Pok Tunggal.

Manarik bukan? Ayo berwisata ke Nusantara kita. Kunjungi dan kagumi keindahannya!!

 

 

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *