Langkah Ridwanmaga Bisnis Jasa Parkir

 Langkah Ridwanmaga Bisnis Jasa Parkir
Ridwanmaga

KETIKA suasana kerja di kantor tidak nyaman lagi, mungkin ini sinyal bahwa Anda harus ancang-ancang keluar. Resign. Namun ini bukan pertanda buruk bagi karier ke depan. Boleh jadi keputusan Anda berhenti adalah langkah tepat karena momen itu merupakan titik berangkat menuju sukses.

Jadi wirausaha, pebisnis? Bisa dicoba. Tapi yang dilakukan Ridwanmaga beralih peruntungan lain, menjadi PNS. Kebetulan usianya masih masuk kriteria jadi abdi negara, belum 40 tahun. Pria asal Palopo, Sulawesi Selatan ini diterima di UPTD Dinas Perhubungan Kota Bekasi tahun 1995. Masalah perparkiran tentu menjadi salah satu kewenangan dinas ini. Nah, dari pekerjaan sehari-hari di lingkungan Dishub inilah Ridwanmaga mulai paham seluk beluk perparkiran karena sehari-hari dia menangani bidang pengawasan titik-titik parkir di wilayah kerjanya.

Merasa ada bekal pengalaman dan tahu tentang perparkiran, tahun 1999, pria kelahiran Palopo, 1 Januari 1956 ini memulai buka usaha jasa perparkiran. Setelah pensiun, ia lebih konsentrasi pada pekerjaan yang selalu berhubungan dengan tamu-tamu atau pengunjung yang saban hari keluar masuk untuk urusan parkir kendaraan di pusat perdagangan.

Kini usaha jasa parkirnya telah berkembang di tiga lokasi di Kota Bekasi yang diberi nama Rira Parking Services di bawah naungan PT Rira Sejahtera Abadi. Ketiga tempat titik parkir tersebut adalah di kawasan perdagangan Ruko Kranggan Permai, Bantar Gebang, dan Cileungsi.

Ke depan, ia akan ekspansi ke kota lain, terutama sekitar Bekasi, Jakarta, Bogor, Depok, dan Tangerang yang kini dalam penjajakan. Usaha ini dinilainya punya prospek bagus dan cukup dinamis perkembangannya. “Kami kerjakan dulu di Bekasi dan sekitarnya (Jabodetabek). Nanti bisa juga ke daerah lain, seperti Bandung, dan lainnya,“ papar Ridwan, sapaan akrabnya.

Meski bukan pemain baru di usaha jasa perparkiran, Ridwanmaga selaku Direktur Utama Rira Parking selalu mengembangkan teknologi terbaru dalam manajemen perparkiran dan membina kerjasama yang kokoh dan dinamis dengan pengelola atau pemilik properti. Semua ini dimaksudkan agar secara konsisten memelihara dan meningkatkan kualitas manajemen pengelolaan parkir.

Rira Parking cukup lama mengoperasikan sistem parkir yang sesuai dan handal  menggunakan windows atau linux dengan data base yang besar serta cepat, dilengkapi kamera pengaman. Tentu didukung pula penggunaan auto barrier gate yang kokoh, aman, dan cepat serta terkoneksi dengan sistem sebagai salah satu kontrol.

Penggunaan teknologi yang tepat dan manajemen yang baik, menurut Ridwan yang hobi olahraga ini, semua itu demi memberikan pelayanan yang terbaik bagi konsumen. “Jika konsumen merasa aman, nyaman  lalu transaksinya cepat, itu kepuasan kami juga,“ kata Ridwan.

Lantas menyoal apa tantangannya dalam  bidang jasa parkir ini? Ayah dua anak ini mengatakan adanya situasi yang sama di banyak tempat,  yakni gangguan preman dan kadang juga orang-orang yang mengaku ormas tertentu. “Kalau dari konsumen jarang terjadi,“ ungkap Ridwan. Sebab, pihaknya telah menerapkan beberapa solusi, di antaranya adanya sistem pendukung kecepatan transaksi mengingat ritme aktivitas orang sekarang selalu bergegas, lalu keamanan dan kenyamanan, serta sigap dan flleksibel dalam mengatasi masalah.  ***

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *