Langen Beksan Nemlikuran, ‘Comeback’

 Langen Beksan Nemlikuran, ‘Comeback’

JAYAKARTA NEWS – Untuk beberapa saat, kegiatan tari Langen Beksan Nemlikuran vakum, gara-gara pandemi Covid-19. Beruntung, para penggiat acara ini menolak diam. Alhasil, kegiatan ini kembali akan digelar pada 26 Januari 2021, mulai pukul 15.30 WIB sampai selesai.

Langen Beksan Nemlikuran edisi “Comeback” ini akan menyajikan empat tari beksan, masing-masing: Beksan Topeng Gunungsari, Beksan Jemparingan, Beksan Srikandhi – Bisma, dan Beksan Niwatakawaca. Keseluruhan tari beksan akan diiringi para pengrawit dari Jurusan Karawitan SMK 8 Solo.

Sehubungan protokol kesehatan, acara ini akan disiarkan langsung dari Bali Ndeso Resto Karanganyar via youtube chanel Langen Beksan Nemlikuran.

Langen Beksan Nemlikuran merupakan agenda rutin pariwisata SMK Negeri 8 Surakarta sebagai media penyambung antara para alumni sekolah dan para seniman besar kota Solo. Bahkan tidak menutup kemungkinan bersinggungan dengan para pecinta tari di luar kota Solo untuk tampil bersama dalam acara tersebut.

SMK Negeri 8 Surakarta, setiap tanggal 26 malam setiap bulannya, menyajikan beragam jenis tari. Para pengisi acara, mulai dari para maestro, mantan penari bedaya Kraton Surakarta dan Pura Mangkunegaran hingga mahasiswa/mahasiswi Institut Seni Tari Indonesia (ISI) Surakarta dan murid-murid SMK Negeri 8 itu sendiri.

Inilah wujud kecintaan terhadap Indonesia melalui kegiatan cinta budaya. (*/rr)

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *