Kompetisi Video Singkat “Pahlawan Pandemi Covid-19”

 Kompetisi Video Singkat “Pahlawan Pandemi Covid-19”

JAYAKARTA NEWS – Media online Jayakarta News bekerjasama dengan Komunitas Ruang Hidup kembali menggelar Kompetisi Video Singkat bertema “Pahlawan Pandemi Covid-19”. Kompetisi berhadiah total Rp 3 juta, e-sertifikat, dan merchandise ini dimulai tanggal 6 November dan ditutup tanggal 27 November 2020. “Pengumuman pemenang tanggal 30 November,” ujar Koordinator Kompetisi, Vera Rosdiani (17/11/2020).

Vera Rosdiani

Vera menambahkan, di situasi pandemi yang belum berakhir, diperlukan kewaspadaan terus-menerus agar kita tidak sampai terpapar Covid-19. Kompetisi dengan tema “Pahlawan Pandemi Covid-19” ini, diharapkan bisa menggugah kreativitas para youtuber atau content creator dalam menafsir makna “pahlawan” di era pandemi.

“Panitia memberi keleluasan ide bagi para peserta. Satu-satunya guidance serta parameter penilaian dewan juri nanti adalah ‘aksi berani mencegah dan menangkal penyebaran virus Covid-19’,” ujar Vera, aktivis Ruang Hidup.

Panitia sudah menyebar informasi melalui platform media sosial. Termasuk syarat dan ketentuan. Di antaranya, pendaftaran peserta lomba melalui DM instagram @_ruanghidup. Video merupakan karya sendiri dan belum pernah dipublikasikan sebelumnya. Durasi video sekitar 3 menit. Selain itu, peserta juga wajib membagikan poster kompetisi dan tag akun @thejayakartanews & @_ruanghidup serta mention ke 5 teman.

“Total ada 11 ketentuan. Termasuk pengunggahan karya, format video, resolusi video, dan lain-lain,” ujar Vera pula. Pengumuman pemenang akan disampaikan tanggal 30 November 2020 di laman Instagram @_ruanghidup dan pemberitaan di www.jayakartanews.com.

Di tempat terpisah, Pemimpin Redaksi Jayakarta News, Roso Daras mengatakan, kompetisi ini adalah yang kedua kali. Kompetisi pertama digelar September 2020 dengan tema “Ingat Pesan Ibu” (3M: Memakai Masker, Menjaga Jarak, Mencuci Tangan dengan Sabun). Video pendek karya videografer Banyumas, Sapto Siwi Nugroho tampil sebagai juara 1.

“Mengakomodir respon masyarakat, lomba ini kami lanjutkan. Tema utama masih seputar Covid-19, hanya judulnya kami ganti. Jika yang pertama bertema ‘Ingat Pesan Ibu’, maka yang “Pahlawan Pandemi Covid-19”. Selain itu, durasi lomba juga kami perpanjang supaya lebih banyak peserta yang bisa ikut ambil bagian,” tambah Roso.

Jayakarta News dan Ruang Hidup bahkan sudah merancang kompetisi yang ketiga, Desember 2020. “Tema masih kami godog. Tunggu saja, sebentar lagi kami umumkan kompetisi video singkat Jayakarta News yang ketiga. Ada banyak pilihan tema yang sudah kami diskusikan. Tapi saya cenderung ingin mengangkat tema seputar kreasi liburan akhir tahun di rumah saja,” papar Roso.

Tema itu dianggapnya pas dengan momentum liburan akhir tahun. “Selagi belum ada obat dan vaksin, maka Covid-19 masih tetap menjadi ancaman serius. Setiap kali usai musim libur, angka penularan meningkat. Jadi, alangkah baiknya jika masyarakat menahan diri untuk tidak hura-hura atau bepergian di liburan akhir tahun ini. Sepertinya sepele, liburan di rumah, tapi esensinya besar, yakni justru kita sedang berada di baris terdepan menangkal serangan Covid-19,” ujar Roso pula. (mon)

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *