Komodo Dulu, Satonda Kemudian

 Komodo Dulu, Satonda Kemudian
Gunung Satonda, yang dipercaya lebih tua dari Gunung Tambora. Air danaunya asin, padahal jauh dari laut.

MENIKMATI keindahan alam di berbagai daerah di bumi nusantara ini memang mengasyikian. Seperti Kabupaten Dompu. Dompu adalah ibukota kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Barat, persisnya berada di bagian tengah Pulau Sumbawa.

Dompu tidak hanya terkenal dengan Susu Kuda Liar dan Madu, tetapi juga banyak destinasi wisata alam yang indah. Salah satunya adalah Pulau Satonda di ujung barat Kabupaten Dompu atau di Desa Nangamiro.

Pulau Satonda merupakan daratan yang terbentuk oleh letusan gunung api dari dasar laut jutaan tahun lalu. Di daerah pesisirnya, terdapat  hamparan pasir putih  yang bersih dan mempesona. Di sini pas untuk snorkeling atau diving melihat ragam terumbu karang serta fauna dasar laut.

Di lautnya bisa dijumpai Labophyton sp, Nephtea sp, penyu sisik dan ikan-ikan hias. Dikarenakan keindahannya itu, Pulau Satonda ditetapkan sebagai Taman Wisata Alam laut (TWAL) oleh Menteri Kehutanan dan Perkebunan pada tahun 1999.

Pesona lainnya, yaitu Gunung Satonda yang diyakini berumur lebih tua dari Gunung Tambora.  Ada danau Santonda yang memiliki kadar asin dan sampai sekarang masih menjadi misteri. Karena kalau memang airnya berasal dari laut, tapi jarak antara danau dan lautan sekitar tiga kilometer jauhnya.

Namun kisah terbentuknya danau tersebut adalah setelah letusan Gunung Tambora pada tahun 1815, ini yang paling banyak diyakini kebenarannya. Di sekitar danau terdapat beberapa pohon bernama Pohon Kalibuda atau Pohon Harapan. Dinamakan begitu karena menurut orang sekitar, pohon ini dipercaya memiliki daya magis yang tinggi.

Sayangnya, keindahan Pulau Satonda kurang begitu menarik minat wisatawan lokal, karena mayoritas yang mendatangi tempat ini adalah para turis manca negara yang berlibur ke Pulau Komodo dan melanjutkan perjalanan ke Satonda.

Untuk menuju Pulau Satonda, ada beberapa jalur alternatif, salah satunya memulai dari Sumbawa Besar ke Desa Nangamiro dengan jarak tempuh sekitar 8 jam atau dari Dompu dengan jarak tempuh sekitar 5 jam. Setelah sampai di pelabuhan Nangamiro, Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan perahu ke Pulau Satonda dengan jarak perjalanan sekitar 1 jam. ***

Pantai eksotik di Pulau Satonda, NTB.
Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *