Connect with us

Kabar

Kominfo Langsung Tangani Peretas Website Infocovid19.jatimprov go.id

Published

on

JAYAKARTA NEWS– Gerak cepat langsung dilakukan oleh Kominfo Jatim setelah melihat ada peretasan di wibesite infocovid19 jatimprov go.id belum lama ini.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur, Benny Sampirwanto, mengatakan, aksi peretasan terhadap website Infocovid19.jatimprov.go.id langsung tertangani begitu tim Diskominfo Jatim mengetahuinya.

Ada sistem backup yang dimiliki pihaknya, sehingga penanganan tidak terlalu lama. Peretasan yang dilakukan terhadap website ini berlangsung sekitar 1,5 jam.

“Serangannya jenis deface atau hanya mengubah layar aplikasi saja, tidak sampai merusak sistem dan server. Dengan demikian, data perkembangan Covid-19 di Jatim dijamin aman. Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota Se-Jatim juga masih bisa menggunakan website tersebut untuk memperbaharui data Covid-19 di wilayah masing-masing seperti biasa ,” ujar Benny, Kamis (5/8) di kantornya.

Dijelaskannya, ketika pihaknya mengetahui peretasan pada pukul 15.15 sore, langsung diambil tindakan take down, kemudian direcovery untuk dicari sebabnya, dan pada pukul 16.22 website sudah bisa diakses seperti sedia kala.

Kadiskominfo Jatim ini menjelaskan, aksi cepat tanggap harus dilakukan oleh tim Diskominfo Jatim. Hal ini karena dalam website infocovid19.jatimprov.go.id memuat data-data penting untuk publik, sehingga bila diretas maka yang mengalami kerugian adalah masyarakat. 

“Apalagi yang mengakses website ini bukan hanya masyarakat tetapi juga kalangan media massa,” katanya.

Karena web diperuntukkan publik, maka jika ada kejadian serupa, Benny meminta dukungan masyarakat untuk langsung kontak Dinas Kominfo Jawa Timur melalui call center 1500 117 atau official media sosial instagram @jatimpemprov, twitter @jatimpemptov, @kominfojatim, atau di facebook Pemprov Jawa Timur. (poedji)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *