Connect with us

Entertainment

‘Kisah Tanah Jawa, Pocong Gundul’

Published

on

Produser, sutradara, sponsor dan pemeran 'Kisah Tanah Jawa : Pocong Gundul' (foto Arul)

JAYAKARTA NEWS— Dari sekian banyak hantu rekaan orang Indonesia (sundel bolong, jailangkung, banaspati, genderuwo), ternyata kuntilanak dan pocong paling populer.

Kini, sutradara Awi Suryadi: menggedor jantung penonton melalui pocong berkepala gundul dalam film bertajuk ‘Kisah Tanah Jawa’ (chapter 1 : Pocong Gundul) yang akan dirilis di bioskop mulai 21 September 2023.

Masih sama temanya: jahat lawan baik dan yang jahat akan musnah dan mati.

Berlokasi full di kota budaya Yogyakarta yang penduduknya masih kental memegang teguh ajaran Kejawen plus bermacam kepercayaan dan keyakinan campur mistik dan tahyul.

Hao, seorang pemuda yang retrokognisi alias mampu melihat kejadian masa lalu.
Dikisahkan, ia harus menolong Sari, siswa SMU yang raib diculik pocong berkepala gundul yang menyeramkan.

Dibantu Rida, sahabatnya, Hao dengan segala upaya menyelamatkan Sari.

Pocong gundul murka. Dengan kekuatannya, Hao menggali makhluk pocong gundul. Ternyata, pocong gundul itu berasal dari dukun sakti bernama Walisdi yang lihai menggelar ritual kuno dengan mantra-mantra bahasa Jawa.

Teror pocong gundul membahayakan warga desa karena terus berkeliaran dan memakan banyak korban.

Diangkat dari buku karya om Hao (semula dibuat konten lalu YouTube) yang ikonik, sineas Awi Suryadi dan produser Manoj Punjabi (kemudian disponsori BNI) menghidupkan kembali kisah bangkitnya pocong gundul ini.

Sederet bintang muda dan terkenal mendukung film ini yaitu Deva Mahenra, Della Dartyan, Iwa K (Kusuma), Pritt Timothy, Muh Abe Basyin, Nayla Purnama, Joanna Dyah, Anissa Hertami dan banyak lagi.

Iwa K yang juga seorang rapper mengaku sempat merinding selama syuting karena acap diganggu makhluk halus dan terjadi ‘panic attack’ yang tak diduga.

“Iwa jadi pocong dan dililit kain kafan. Ketika adegan pemakaman, berkali-kali terjadi break. Kaki Iwa sempat ditarik ke bawah. Lalu kami datangkan pemuka agama yang bisa mengusir roh jahil, Iwa baru tenang dan syuting bisa dilanjutkan,” cerita Awi Suryadi.

Lain lagi pengalaman Deva Mahenra. Jenazah suami Mikha Tambayong ini semula akan dikuburkan dan sudah disediakan bubuk kopi dan coklat sebagai pengganti tanah.

“Saya ingin tekstur tanah yang asli. Lebih emosional dan real,” kata Deva.

“Saya berterima kasih sama mas Awi Suryadi karena saya jadi kenal bau tanah yang sebenarnya. Bayangkan mata saya sempat kelilipan karena ditimbun tanah. Tapi ini pengalaman berharga jadi orang mati yang mungkin enggak bisa terulang lagi,” urai Deva polos.

Naskah film yang ditulis oleh Agsyah Karim, Khalid Kashogi dan Awi Suryadi ini memang dari segi alur cerita, sangat menyeramkan. Jantung penonton sempat digedor-gedor kengerian.

O ya, Iwa K juga sempat mendendangkan sebuah lagu bernuansa mistis.
Tapi ingat, seperti pesan Manoj Punjabi, produser : ‘Kisah Tanah Jawa baru mulai’. (pik)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *