Ketua IBT UTU Jadi Pembicara pada Putra Outreach Within Agriculture

 Ketua IBT UTU Jadi Pembicara pada Putra Outreach Within Agriculture

Ketua Inkubator Bisnis Teknologi Universitas Teuku Umar Said Achmad Kabiru Rafiie saat temu wajah via Webex Platform

JAYAKARTA NEWS – Ketua Inkubator Bisnis Teknologi (IBT) Universitas Teuku Umar (UTU) menjadi pembicara dalam acara Putra Outreach Within Agriculture yang diselenggarakan Universitas Putra Malaysia, Minggu, 7 November 2021.

Acara ini bertujuan untuk meningkatkan semangat berwirausaha dikalangan mahasiswa di tiga negara, seperti Malaysia, Korea dan Indonesia.

Dalam presentasinya Ketua Inkubator Bisnis Teknologi Universitas Teuku Umar Said Achmad Kabiru Rafiie menyampaikan bahwa tingkat pengangguran terpelajar di Indonesia masih tinggi sehingga dibutuhkan terobosan baru dalam menciptakan kolaborasi dan ekosistem kewirausahaan dikalangan mahasiswa terutama dengan menghadirkan inkubasi bisnis.

Selain itu, Sektor pertanian merupakan pilar utama dalam pembangunan berkelanjutan. Tokoh penggerakan dunia seperti Che Guevara, rela melakukan pekerjaan pertanian seperti mencangkul , mengendarai traktor untuk mewujudkan kemandirian pangan.

Begitu juga dengan tokoh dunia lainnya seperti presiden China  Xi Jinping pada saat muda 1985 pernah berkunjung ke Iowa state untuk belajar tentang pertanian serta George bush jr mantan gubernur Texas dan Amerika serikat memiliki perkebunan yang luas di Texas dan menjadikan nya sebagai profesi setelah menyelesaikan pekerjaan sebagai presiden.

Bapak bangsa Indonesia Ir Soekarno saat di pembuangan di Ende Flores juga mengisi waktu luang dengan berkebun.

Prof Dr Jasman selaku Rektor Universitas Teuku Umar mendorong IBT Universitas Teuku Umar menjadi lokomotif dalam mendorong mahasiswa berwirausaha.

Menghasilkan banyak unit bisnis yang dikelola bersama mahasiswa dan mitra kita. Rektor berharap makin banyak perusahaan yang menyalurkan CSR melalui IBT Universitas Teuku Umar untuk kegiatan kewirausahaan.

IBT Universitas Teuku Umar menjelaskan bahwa saat ini beberapa program telah berjalan seperti taman herbal, proses produksi teh Moringa, Cafe Wico Moringa, selanjutnya komitmen dari PT ASN untuk pengembangan kewirausahaan dan PT Mifa bersaudara serta PT karya Tanah Subur.

Pada acara Putra Outreach Within Agriculture , ketua inkubator bisnis universitas Teuku Umar juga melakukan tanya jawab dengan dosen dan mahasiswa peserta webinar. (*/Mons)

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *