Connect with us

Kabar

Ketua DPW IWOI Sumut: Mari Wujudkan Jurnalis Terpercaya

Published

on

Para pengurus DPW dan DPD di Sumut usai acara pelantikan. (Foto: Monang Sitohang)

DELI SERDANG, JAYAKARTA NEWS – Strategi pengembangan organisasi merupakan sebuah usaha terstruktur yang menjadi sebuah wadah agenda berorganisasi, yang bertujuan untuk peningkatan sistem kerja serta pengembangan jaringan atau perwakilan pengurus di daerah-daerah. Dan hal ini merupakan salah satu bentuk tindak lanjut dari visi misi yang dijadikan pedoman dan pegangan dalam organisasi.

Beranjak dari strategi itu, Dewan Pimpinan Wilayah Ikatan Wartawan Online Indonesia Sumatera Utara (DPW IWOI Sumut) yang di Ketua Ratno SH, MM pun mengepakkan sayap organisasinya dengan melantik kepengurusan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) IWOI di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. 

Melalui Surat Keputusan nomor : 08/SK.Deli Serdang/IWO-I/VIII/2023 per tanggal 7 Agustus 2023 Tentang Pembentukan Kepengurusan Dewan Pimpinan Daerah IWOI Kabupaten Deli Serdang Periode 2023 – 2028, memberikan legalitas hukum sesuai Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga IWO Indonesia kepada Ibrahim Effendi Siregar. 

Prosesi pelantikan kepengurusan yang diselenggarakan di room Balairung Pemkab Deli Serdang, Kamis (26/10/2023) ini berjalan dengan lancar dan khidmat dan dihadiri Forkopimda Kabupaten Deli Serdang. Kepemimpinan kepengurusan DPD IWOI Deli Serdang yang dinakhodai Ibrahim Effendi Siregar atau biasa dipanggil Baem sah setelah menerima bendera petaka dari Ketua DPW IWO Indonesia Sumut, Ratno SH, MM. 

Jurnalis Terpercaya 

Dalam sambutannya Ketua DPW IWO Indonesia, Ratno SH,MM menyampaikan sekaligus kepada rekan-rekan yang sudah terpilih harus lebih solid dan bertanggung jawab serta profesional atas segala pemberitaan, sesuai dengan slogan IWO Indonesia sebagai jurnalis terpercaya (Trusted Journalist). 

Kemudian Ratno melanjutkan saat ini sulit membedakan berita mana produk jurnalis dengan produk buzzer alias penyebar informasi bohong atau sering disebut hoaks, yang bertentangan dengan UU Pers Nomor 40 tahun 1999. Nah jadi disinilah peranan IWO Indonesia sebagai jurnalis terpercaya untuk menghempang berita hoaks itu. 

Ketua DPW IWOI Sumut, Ratno SH,MM saat menyampaikan sambutan di acara Pelantikan Pengurus DPD IWOI Kabupaten Deli Serdang. (Foto: Monang Sitohang)

Jika tidak. wartawan itu seakan menjadi momok yang menakutkan bagi jajaran Forkopimda dengan pemberitaan yang tidak memenuhi kaidah UU Pers Nomor 40 tahun 1999, maka dengan dilantiknya DPD IWOI Deli Serdang masa bakti tahun 2023 – 2028. Diharapkan jurnalis yang tergabung di IWOI Deli Serdang dapat menjadi organisasi pers pemberantas informasi hoaks, sehingga mari kita mewujudkan jurnalis terpercaya. 

Tiga Fondasi 

Dikesempatan yang sama Dewan Pembina DPW IWO Indonesia Sumut, Drs.H. Bahrumsyah mengatakan, ini babak baru organisasi IWO Indonesia di Kabupaten Deli Serdang, maka diharapkan harus mampu memberikan perbaikan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berprofesi sebagai wartawan dengan mengacu pada UU Pers Nomor 40 tahun 1999, untuk lebih mengedepankan kode etik pers serta menjunjung tinggi integritas dan profesionalisme pers.

“Untuk menjadi Jurnalis terpercaya Wartawan harus mempunyai tiga fondasi dasar, yaitu Profesionalisme, Integritas dan Bartanggung jawab, maka menjadi wartawan yang profesional sosok nya itu harus peka dan update terhadap perkembangan yang terjadi di masyarakat,” ungkap Bahrumsyah, mantan Kadisidik Sumut itu. 

Kemudian dilanjut Bahrumsyah yang pernah menjabat sebagai Sekda di Kabupaten Deli Serdang ini agar DPW IWO Indonesia cepat berkembang di seluruh daerah di Sumut ini, ada 5 kriteria yang harus dilakukan, yaitu 1. Penataan sistem administrasi dan koordinasi, 2. Sumber Daya Manusia (SDM), 3. Efektivitas dan Efisien, 4. Manfaatkan sarana prasarana yang ada  5. Wujudkan kesejahteraan anggota IWOI dengan program-program UKM. 

“Bagaimana cara kita melakukannya, yang pertama, buatlah program Jangka Pendek, Jangka Menengah dan Program Jangka Panjang lewat rencana program kerja ini bisa kita evaluasi program tersebut berjalan atau tidak. Sebuah organisasi tidak akan berjalan sendiri maka perlu koordinasi sesama teman, organisasi lain, masyarakat dan pemerintah,” jelas Bahrumsyah. 

IWOI harus Dijaga Bersama

Sementara itu, Ketua DPD IWO Indonesia Kabupaten Deli Serdang Ibrahim Effendi Siregar dalam sambutanya di acara pelantikan itu mengucapkan, “Banyak terimakasih kepada Bupati Deli Serdang serta jajarannya yang telah memberikan izin, juga membantu fasilitas lainnya sehingga acara pelantikan terlaksana dengan khidmat dan lancar, juga kepada rekan-rekan yang telah memilihnya sebagai ketua IWO Indonesia Deli Serdang,” ujar Baem dengan nada terharu.

“Organisasi IWO Indonesia ini harus kita besarkan dan jaga secara bersama-sama setiap tim yang tergabung harus mempunyai rasa memiliki dan tanggung jawab yang tinggi agar IWO Indonesia Deli Serdang ini tetap Jaya di Kabupaten Deli Serdang yang kita cintai,” tegasnya, 

Setelah itu, acara pelantikan usai Ketua terpilih diwawancarai sejumlah awak media, Baem yang didampingi Sekretaris Syahrul Anwar dan pengurus lainnya, mengatakan, “Saya berharap jurnalis yang berada di Deli Sedang yang belum mempunyai induk organisasi agar mau bergabung ke DPD IWOI Deli Serdang,”.

Kemudian langkah selanjutnya kami ingin menjalin kerjasama dengan masyarakat, Forkopimda serta Aparat Penegak Hukum (APH) agar terjalin sinegitas yang baik. “Kami ingin berita yang kami sajikan adalah berita yang terverifikasi dan kami juga akan lawan berita-berita yang sifatnya hoax dengan program unggulan menjadi Jurnalis Terpercaya,” pungkas Baem  

Setelah itu Sekretaris DPD IWOI Kabupaten Deli Serdang, Syahrul Anwar mengakhiri dengan mengatakan, IWO Indonesia harus berani bersuara mengatakan yang benar itu benar yang salah itu salah. (Monang Sitohang) 

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *