Kemensos Selesaikan Penyaluran Bahan Makanan di Lumbung Sosial Luwu

 Kemensos Selesaikan Penyaluran Bahan Makanan di Lumbung Sosial Luwu

JAYAKARTA NEWS  – Kementerian Sosial mulai mendistribusikan cadangan makanan untuk lumbung sosial (buffer stock) ke gudang yang dibangun di Kabupaten Luwu, Provinsi Sulawesi Selatan.  Distribusi buffer stock merupakan tindak lanjut dari arahan Menteri Sosial Tri Rismaharini saat berkunjung ke Luwu beberapa waktu lalu.

Proses distribusi berjalan dengan sinergitas berbagai pihak, yakni unsur dari TNI/Polri, Tagana dan Dinsos Kabupaten Luwu dan keterlibatan relawan. 

“Distribusi berjalan lancar, dengan sinergitas berbagai pihak. Saya ucapkan terima kasih atas bantuan dan perhatian Ibu Mensos. Bantuan ini sangat bermanfaat untuk masyarakat terdampak,” kata Bupati Luwu Basmin Matayyang di Luwu (12/10).

Tak lama setelah kunjungan Mensos di Ilan Batu, Kabupaten Luwu, Provinsi Sulawesi Selatan (06/10), Bupati Basmin langsung memerintahkan jajarannya untuk menyiapkan dan membangun lumbung sosial. Penyaluran bahan makan berlangsung secara bertahap di 8 titik di wilayah Walenrang dan Lamasi, dan selesai pada Minggu (12/10).

Kasubdit Penanganan Korban Bencana Alam Kemensos Muhammad Delmi menyambut baik sinergitas penanganan bencana di Luwu dengan pendistribusian buffer stock ke delapan titik lumbung sosial. “Bahan makanan disimpan di beberapa tempat seperti sekolah, kantor desa, kantor camat,” katanya.

Dalam kunjunganya Mensos Risma memberikan santunan Rp 60 juta kepada Ibu Marhida yang merupakan ibu kandung dari 4 korban longsor di Ilan Batu. Kemensos juga menyalurkan bantuan berupa makanan siap saji 481 paket, makanan anak 700 paket, matras 250 lembar, selimut 215 lembar, family kit 300 paket, kasur 30 unit, peralatan dapur keluarga 15 paket, foodware 25 paket, kidsware 50 paket, serta perahu karet 1 unit, total bantuan senilai Rp 445 juta.

Pemkab Luwu berniat masih mendorong sinergitas penanganan bencana di Luwu khususnya dari Kementerian Sosial RI. Pemkab Luwu merencanakan pendirian Kampung Siaga Bencana (KSB) dengan sharing anggaran dari kedua pihak.

“Kami berterima kasih kepada Ibu Risma dan seluruh jajaran Kemensos yang luar biasa responsif dan telah membantu penanganan bencana tidak hanya pasca bencana, tetapi juga pra dan saat bencana terjadi,” kata Basmin. (*/mel)

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *