Kemenko PMK Sosialisasi Penguatan Ekonomi Keluarga Bagi Pegawai

 Kemenko PMK Sosialisasi Penguatan Ekonomi Keluarga Bagi Pegawai

JAYAKARTA NEWS – Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) mengadakan sosialisasi penguatan ekonomi keluarga bagi pegawai yang dilakukan secara daring dan luring di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Jumat (20/8).

Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Anak, Perempuan, dan Pemuda Femmy Eka Kartika Putri menjelaskan kegiatan sosialisasi itu bertujuan untuk memberikan pemahaman bagi para pegawai dalam rangka penguatan ekonomi keluarga khususnya di tengah pandemi Covid-19.

“Masa pandemi telah berdampak pada hampir semua sektor, termasuk sektor ekonomi. Bagaimana caranya kita harus berusaha keras untuk dapat bertahan dan memperkuat ekonomi di dalam keluarga,” ujarnya seraya membuka kegiatan sosialisasi tersebut.

Menurut Femmy, untuk dapat memperkuat perekonomian keluarga perlu dilakukan perencanaan yang matang. Perencanaan keuangan di dalam keluarga dapat dimulai dari mengatur penghasilan dan pengeluaran. Kemudian, rutin melakukan evaluasi untuk mencegah terjadinya pembengkakan pengeluaran di pos tertentu.

Di samping itu, perlunya memiliki dana cadangan guna mengantisipasi segala risiko seperti kemungkinan mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), kecelakaan, atau bahkan kondisi pandemi seperti saat ini.

“Kita juga penting memiliki dana tabungan untuk simpanan di masa depan. Kalaupun berhutang harus betul-betul dipertimbangkan. Di masa sekarang ini sebaiknya mencari penghasilan tambahan agar ekonomi keluarga lebih stabil,” katanya.

Pada kegiatan sosialisasi itu juga hadir Senior Vice President BRI Lulu Devita Soeryokoesoema. Sedangkan rangkaian kegiatannya juga diadakan diskusi yang dimoderatori oleh Plt. Asisten Deputi Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga Linda Restaningrum dengan para pembicara dari tim BRI yang membahas mengenai penguatan perencanaan ekonomi keluarga. (*/mel)

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *