Connect with us

Kabar

Kemendikbud Apresiasi Program GSM Kabupaten Tangerang

Published

on

Prof. Dr. Muhajir Effendy, M.A.P menyaksikan karya siswa dalam acara gebyar GSM di Kab. Tangerang.

JAYAKARTA NEWS – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Prof. Dr. Muhajir Efendy, M.AP, menghadiri acara gebyar Pendidikan dan Kebudayaan dalam rangka mensukseskan program Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) yang digelar di Lapangan Maulana Yudha Negara, Kabupaten Tangerang, Sabtu (16/03/19).

Dalam kesempatan tersebut,  Muhadjir  menyampaikan, bahwa pendidikan menjadi sektor penting dalam membangun sumber daya manusia yang berkualitas.

Menurutnya, dalam pembangunan SDM, pemerintah hadir dan menjamin setiap warganya untuk mendapatkan hak pendidikan yang layak. Pendidikan sangat penting, karena dengannya seseorang dapat memperbaiki nasibnya,  memperbaiki nasib kelompoknya, dan dengan pendidikan pula suatu bangsa dapat memberbaiki nasib bangsanya.

“Saya sangat mengapresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Tangerang yang sangat peduli terhadap sektor pendidikan, dengan program Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) ini pendidikan di Kabupaten Tangerang menjadi Lebih menyenangkan sehingga Siswa Siswi dapat berperan Aktip dan Kreatif dalam membangun pendidikan di Indonesia khususnya di Kabupaten Tangerang,” kata Muhadjir di depan para guru dan siswa di tempat acara berlangsung.

 

Wakil Bupati Tangerang H Mad Romli mengatakan,  GSM ini merupakan salah satu program unggulan dari 15 program yang ada. Program ini juga masuk dalam RPJMD Kabupaten Tangerang Tahun 2019-2023.

Dia berharap, hal  ini menjadi motivasi bagi semua pihak, khususnya bagi para tenaga pendidik agar dapat lebih terampil dalam memadukan suasana belajar yang menyenangkan dengan proses pembelajaran yang efektif. Dengan demikian,  peserta didik  dapat secara aktif mengembangkan potensi diri

“Saya Berharap program GSM ini dapat mewujudkan kekuatan spiritual keagamaan yang tinggi, kecerdasan, pengendalian diri, kepribadian, dan akhlak yang baik serta keterampilan yang akan berguna baik bagi dirinya dan lingkungan sekitar,” ucap Mad romli

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang Hadisa Mahsur  menambahkan, program GSM ini adalah “Gerakan Sekolah Menyenagkan,”

Gerakan ini merupakan upaya akar rumput yang berusaha mengembalikan ajaran Ki Hajar Dewantara yaitu sekolah merupakan taman yang menyenangkan. GSM yang sudah berjalan sejak Oktober 2018 ini,  sudah dilaksanakan di 20 Sekolah Menengan Pertama (SMP) dan 50 Sekolah Dasar (SD), yang menjadi Pilot Project.

Menurutnya, Dinas Pendidikan Kab. Tangerang akan terus mengembangkan  program ini ke seluruh sekolahan SD dan SMP di Kabupaten Tangerang,

 

“Hari ini di depan 4.000 yang terdiri dari Kepala sekolah, Guru, Siswa SD, SMP dan SMA kembali kita sosialisasikan Gerakan Sekolah Menyenangkan Di Kabupaten Tangerang agar Gerakan Sekolah Menyenangkan ini dapat membawa prestasi belajar bagi anak-anak di Kabupaten Tangerang,” ujar Hadisa. (suk)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *