Kemenag Gelar Lomba Foto Bercerita dan Film Pendek Moderasi Beragama

 Kemenag Gelar Lomba Foto Bercerita dan Film Pendek Moderasi Beragama

Plt Kepala Biro Humas Data dan Informasi Kemenag Thobib Al-Asyhar (Foto:Kemenag)

JAYAKARTA NEWS – Kementerian Agama menyelenggarakan Lomba Foto Bercerita dan Film Pendek Moderasi Beragama. Lomba yang diperuntukkan bagi masyarakat umum ini digelar mulai 11 Oktober – 11 November 2021.

“Lomba ini kita selenggarakan untuk meningkatkan partisipasi sekaligus memperkuat pemahaman masyarakat tentang Moderasi Beragama,” jelas Plt Kepala Biro Humas Data dan Informasi Kemenag Thobib Al-Asyhar, di Jakarta, Rabu (13/10/2021).

Thobib menjelaskan, Penguatan Moderasi Beragama merupakan salah satu program prioritas Kemenag 2021. “Tidak hanya itu, Moderasi Beragama juga telah masuk dalam RPJMN 2020-2024. Dan Kementerian Agama bertugas sebagai leading sector,” jelas Thobib.

“Melalui lomba ini, kami berharap penguatan literasi masyarakat terkait Moderasi Beragama juga dapat kita bangun,” sambungnya.

Kemenag, lanjut Thobib, mendefinisikan Moderasi Beragama sebagai cara pandang, sikap, dan praktik beragama dalam kehidupan bersama, dengan cara mengejawantahkan esensi ajaran agama – yang melindungi martabat kemanusiaan dan membangun kemaslahatan umum, berlandaskan prinsip adil, berimbang, dan menaati konstitusi sebagai kesepakatan berbangsa.

Thobib menjelaskan untuk mengikuti lomba ini, masyarakat dapat mempelajari konsep Moderasi Beragama yang telah dirumuskan Kemenag.

“Panitia sudah menyediakan link untuk mempermudah peserta mendapatkan sumber referensi terkait Moderasi Beragama ini,” jelasnya.

Ia menambahkan, Lomba Foto Bercerita dan Film Pendek Moderasi Beragama ini juga melibatkan praktisi fotografi, sineas, hingga ahli Moderasi Beragama sebagai dewan juri. Di antaranya fotografer senior Priadi Soefjanto, Fendi Siregar, Sineas Djenar Maesa Ayu, Staf Khusus Menteri Agama Ishfah Abidal Aziz, serta Tim Ahli Pokja Moderasi Beragama Kemenag Lukman Hakim Saifuddin.

Untuk mengikuti even ini,  calon peserta dapat mengunduh petunjuk teknis serta mengisi formulir yang tersedia pada tautan berikut: https://linktr.ee/KemenagRI. (*/mel)

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *