Connect with us

Kabar

Kasus Pemilih Siluman, Bamsoet Ingatkan KPU segera Selesaikan Masalah Data Pemilih

Published

on

JAYAKARTA NEWS— Kasus pemilih siluman dan pemilih ganda dalam Pemilihan Umum/Pemilu 2024 masih terus ada. Badan Pengawasan Pemilu atau Bawaslu Kabupaten Bandung, Jawa Barat, mencatat ada 5.874 pemilih yang tidak memiliki alamat yang jelas dan 4.000 pemilih ganda untuk Pemilu 2024.

Mengomentari permasalah tersebut, Ketua MPR Bambang Soesatyo meminta penyelenggara Pemilu, dalam hal ini Komisi Pemilihan Umum/KPU, harus segera menyelesaikan permasalahan data pemilih dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil/Disdukcapil untuk segera melakukan verifikasi data pemilih agar didapat data valid dan riil.

Bambang juga meminta KPU bersama Bawaslu untuk memastikan penyelenggaraan Pemilu 2024 berjalan dengan lancar yang berasaskan langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.

“KPU agar melakukan pencermatan kembali secara faktual terhadap data pemilih Pemilu, dan mengoptimalkan seluruh program maupun aplikasi yang bertujuan untuk mengakurasi data pemilih,” tegas Bamsoet, sapaan akrab Bambang Soesatyo, seraya meminta KPU untuk dapat mengantisipasi dan menyisir data penduduk secara maksimal, guna mencegah data ganda akibat perekaman ganda Kartu Tanda Penduduk atau KTP elektronik.***din

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *