Kasad Dukung Kapal dan Prajurit untuk Tanam Pohon di IKN

 Kasad Dukung Kapal dan Prajurit untuk Tanam Pohon di IKN

Wakasad Letjen TNI Agus Subiyanto, S.E., M.Si (kanan) mendampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, saat mendapat penjelasan mengenai jenis-jenis pohon yang akan disumbangkan PPAD untuk IKN. (foto: PPAD)

JAYAKARTA NEWS – Jargon “TNI-AD adalah PPAD, dan PPAD adalah TNI-AD” makin nyata dengan kolaborasi terbaru. Persatuan Purnawirawan TNI-Angkatan Darat (PPAD) Senin (21/11/2022) menyerahan bantuan ratusan ribu bibit pohon untuk Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, di Kalimantan Timur.

Program itu terwujud berkat dukungan sejumlah pihak, yang oleh Ketua Umum PP PPAD, Letjen TNI Purn Doni Monardo, disebut sebagai kolaborasi Pentahelix. Dukungan datang antara lain dari Mabes TNI, TNI AD, MIND ID, Indika Group, Kadin Indonesia, dan akademisi (IPB). “Di samping bantuan tak langsung dari masyarakat Desa Jatikarya, Kota Bekasi, tempat kebun bibit ini berada,” ujar Doni Monardo.

Dalam kesempatan itu, Kasad diwakili kehadirannya oleh Wakasad Letjen TNI Agus Subiyanto, S.E., M.Si. “Mewakili Kasad, kami Mabes TNI-AD menyambut baik program ini. Untuk itu, kami akan membantu proses pengangkutan ratusan ribu bibit pohon dari kebun bibit ke IKN di Kalimantan Timur dengan kapal-kapal TNI-AD,” ujar Letjen Agus.

Selain itu, Wakasad juga menyampaikan, saat dimulai proses pengiriman, karantina pohon dan penanaman, akan melibatkan para prajurit TNI-AD. “Anggota TNI-AD akan terjun langsung dalam proses perawatan sampai benar-benar hidup dan bertumbuh,” tegasnya.

Atas komitmen Mabes TNI dan TNI-AD, Menteri PUPR mengucapkan banyak terima kasih.

Di sela-sela acara makan siang, usai seremoni serah terima bantuan bibit pohon untuk IKN, Menteri Basuki Hadimuljono naik ke panggung. Ia minta Panji Alit, pemusik Rumah Kreatif Nusantara untuk mengiringinya menyanyi. Basuki pun melantunkan lagu nasional “Ibu Pertiwi” karya Ismail Marzuki dengan iringan gitar.

Wakasad, Letjen TNI Agus Subiyanto, S.E., M.Si saat memberi sambutan mewakili Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman. (foto: PPAD)

Kolaborasi Pentahelix

Dalam kesempatan itu, Doni Monardo tak lupa mengucapkan terima kasih kepada para pihak yang telah bersama-sama PPAD mewujudkan program bantuan bibit pohon untuk IKN. Terutama kepada para perusahaan tambang, Doni berharap meningkatkan kapasitas pembibitan pohon, bahkan bila perlu membuat bank pohon.

“Kerja industri tambang, berkaitan erat dengan menguliti bumi, untuk mengambil mineral di dalamnya. Nah, bumi yang terkupas itu, harus ditutup kembali dengan penanaman pohon,” ujar Doni.

Pernyataan Doni disambut baik Direktur Antar Lembaga MIND ID, Danny Amrul Ichdan. Selain mendukung program PPAD, MIND ID juga secara khusus akan menyumbangkan bibit-bibit pohon sukun unggulan. “Kami bersama PPAD, Kodam XVI Pattimura, Universitas Pattimura sedang melaksanakan program sejuta pohon sukun dari Kampung Tengah Tengah, Maluku. Sebagian di antaranya kami sumbangkan untuk IKN,” kata Danny.

Sementara itu, kesan senang berkolaborasi dengan PPAD juga disampaikan Ketua Umum Kadin Indonesia, Arsjad Rasjid. Ia mengatakan, sejauh ini selalu seiring dan sejalan dengan Doni Monardo. Termasuk saat Doni Monardo menjabat Kepala BNPB/Ketua Satgas Covid-19.

“Kolaborasi itu terus berlanjut hingga kini, saat beliau menjabat Ketua Umum PPAD. Kegiatan menyumbang bibit-bibit pohon untuk IKN ini adalah kehormatan, tidak ada alasan untuk tidak mendukung, dan Kadin Indonesia mendukung sepenuhnya,” tegas Arsjad.

Dari Indika Group yang mendukung program tersebut, hadir dua pejabat eksekutifnya. Mereka adlaah Azis Armand (Vice President Director and Group CEO Indika Energy), dan Leonardus Herwindo (CEO Indika Nature). (*)

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.