“Kartini Jaman Now” ala Nonon

 “Kartini Jaman Now” ala Nonon
Nonon, alumni SMA Negeri 2 Pandeglang, berkebaya ala Kartini Jaman Now. Foto: Ist

BERKEBAYA polos di Hari Kartini? Ada yang menganggap terlalu mainstream. Akhirnya, para srikandi Samakta 93, alias alumnus SMA Negeri 2 Pandeglang, mencoba tampil beda. Peringatan tokoh emansipasi kebanggaan Indonesia itu, diwarnai dengan pengenaan gaun daerah penuh corak dan motif, dipadu-padan dengan batik. Inilah yang mereka sebut sebagai perwujudan Kartini Jaman Now oleh para srikandi Samakta 93.

“Setiap tanggal 21 April, perempuan Indonesia bangga memperingatinya. Karena Kartini adalah sosok panutan bagi kaum perempuan bangsa ini. Karena itu saya pribadi sebagai perempuan merasa bangga menggunakan gaun ala Kartini. Saya juga meng-upload foto-foto saya di media sosial seperti Facebook. Yaaa, samalah dengan perempuan-perempuan lain di berbagai belahan daerah di Indonesia,” imbuh Nonon, salah satu srikandi Samakta 93.

Nonon berpesan kepada generasi penerus, khususnya kaum perempuan agar tidak saja meneladani RA Kartini yang rajin membaca, rajin berkorespondensi dan bertukar pikiran bahkan dengan perempuan manca negara, tetapi juga hendaknya lentur terhadap setiap perkembangan yang terjadi. Zaman terus berubah, masalah datang silih-berganti. “Perempuan harus tegar dan sigap menghadapi semua permasalahan. Mulai dari permasalahan pribadi, lingkungan sosial, sampai permasalahan bangsa dan negara. Jadilah Kartini sejati,” tegasnya.  ***

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *