Kapolda Aceh Ziarah ke Makam Habib Muda Seunagan

 Kapolda Aceh Ziarah ke Makam Habib Muda Seunagan

Kapolda Aceh Irjen Pol. Ahmad Haydar silaturahmi ke kediaman Habib Muda Seunagan di Gampong Peulekung, Nagan Raya, Selasa (26/10/2021)

JAYAKARTA NEWS – Kapolda Aceh Irjen Pol. Ahmad Haydar, SH, MM melakukan silaturahmi ke kediaman Habib Muda Seunangan di Gampong Peulekung, Nagan Raya, Selasa (26/10/2021).  Kapolda didampingi sejumlah pejabat utama Polda Aceh serta Kapolres Nagan Raya dan pejabat Polres Nagan Raya turut hadir dengan prokes ketat.

Sesampainya di pintu gerbang Mesjid Peuelekung, Kapolda dan rombongan disambut pemegang Amanah Keluarga Habib Muda Seunangan, Drs Said Mahdi sebagai cucu tertua dari Habib Muda Seunagan. Kapolda melakukan ziarah ke makam Abu habib Muda Seunagan yang merupakan salah satu ulama dan pejuang kemerdekaan.

Irjen Pol. Ahmad Haydar dan Drs Said Mahdi

Dalam silaturahmi tersebut, Drs Said Mahdi menjelaskan semasa hidupnya Habib Muda Seunagan ikut berjuang mengusir penjajahan Belanda dan ikut mengirimkan laskarnya melawan agresi militer Belanda di medan area.

Pada saat Negara Republik Indonesia dirongrong dengan berbagai pemberontak, Habib Muda Seunagan  mengumpulkan 300 ribu pengikutnya dan menyatakan ikrar kesetian kepada Republik Indonesia dan menolak ajakan untuk memberontak melawan pemerintah yang sah.  Habib Muda Seunangan tetap setia mengibarkan bendera Merah Putih.

Habib Muda Seunagan diundang Presiden Soekarno ke istana Merdeka dan melakukan ziarah ke makam leluhurnya Sunan Kalijaga di Demak, dalam kunjungan ke demak, beliau mendapatkan titipan sebilah keris dari penjaga makam Sunan Kalijaga dan keris tersebut saat ini ditempatkan di salah satu tiang utama masjid Peuelekung. Salah satu peninggalan Habib Muda Seunagan lainnya ialah sebuah mobil land rover yang diberikan oleh Presiden Soekarno. 

Pada saat berziarah ke Makam Habib Muda Seunangan, Kapolda juga ikut mendengarkan penjelasan dari salah satu cicit Habib  Muda Seunangan, Said Achmad Kabiru Rafiie mengenai asal-usul keris tersebut. Kunjungan tersebut diharapkan dapat meningkatkan sinergi antara Umara dan Ulama serta seluruh komponen masyarakat dalam menciptakan kamtibmas yang nyaman dan aman di Aceh serta menumbuhkan semangat gotong royong.

Presiden Republik Indonesia BJ Habibie menganugerahkan Bintang Jasa Utama pada tahun 1999 kepada Habib Muda Seunangan atas jasa jasanya dalam usaha mempertahakan kemerdekaan RI. Semoga generasi muda dapat meneladani perjuangan Habib Muda Seunagan yang secara paripurna mencintai Negara Kesatuan Republik Indonesia. (*/Mons)

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *