Kandang Ayam Bau di Blok Pasir Jambu

 Kandang Ayam Bau di Blok Pasir Jambu

KANDANG ayam di Blok Pasir Jambu Mayangsari, Desa Sukajaya, Kecamatan Sajira, Kabupaten Lebak Banten telah ‘menghadirkan’ lalat-lalat dan bau menyengat. Kendati demikian, pemerintah daerah, kemacatan dan desa membiarkan fenomena alam buatan tersebut.

Umyanah warga Kampung Pasir Jambu, Desa Sukajaya Kecamatan Sajira mengungkapkan, keberadaan pengusaha ternak ayam sangat tidak tidak sebanding dengan dampak negatif  ditimbulkan seperti lalat dan bau menyengat. “Saat panen baunya sangat menyengat, apalagi lalatnya, kami sangat khawatir kalo penyakit mengancam warga,”ujarnya, hari ini (11/4).

Warga lain juga mengungkapkan, keberadaan pengusaha ternak ayam hanya menguntungkan usahanya saja tanpa memperhitungkan dampak negatif dari adanya ternak ayam. “Setiap produksi berjumlah lebih dari 40 ribu ekor ayam, kami hanya dikasih satu ekor ayam saja pak RT, pemuda, sangat tidak sebanding dengan dampak penyakit yang ditimbulkan,”imbuhnya.

Terpisah, Kepala Desa Paja Kecamatan Sajira Suherman mengatakan, dia hanya mengetahui izin sebelumnya, walaupun usaha ternak ayam itu tak jauh dari kantor desa. “Saya akan mencoba koordinasi dengan pemilik kandang kalo dinyatakan benar belum ada izin perluasan. Saya beserta masyarakat sekitar akan menghentikan sementara kegiatan produksi ternak itu,” tegasnya. ***

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *