Kacamata Hitam, Guna dan Gaya

 Kacamata Hitam, Guna dan Gaya

KACAMATA surya, sunglasses atau kacamata hitam, kini fungsinya tidak sekadar melindungi mata dari silaunya matahari. Desain serta bahan yang apik menjadikan aksesoaris ini mampu menambah gaya dan penampilan si pemakai.

Kacamata ini pun menjadi pelengkap aktivitas jalan-jalan wisata yang tak boleh ketinggalan. Bahasa gaul cengdem (seceng adem) ini menjadi istilah yang biasa bagi para pemakainya.

Selain sebagai pelengkap penampilan, tentu fungsi utama lebih penting. Yaitu mengurangi efek buruk radiasi sinar Ultra Uiolet (UV) ke mata. Karena sinar UV diketahui mempertinggi risiko katarak, degenerasi makula, serta memperbesar risiko kanker. Tidak hanya itu, dari segi kecantikan, paparan sinar UV menjadikan kulit di sekitar mata yang tipis akan mengalami penuaan dini, alias keriput.

Kenyamanan menggunakan kacamata gelap harus menjadi perhatian, ketidaknyamanan ini biasanya karena alergi dari bingkai metal, tangkai kacamata terlalu ketat atau sebaliknya terlalu longgar, sehingga penyangga hidung kacamata selalu longgar.

Selain faktor kenyamanan, fungsi kegunaan dengan kegiatan yang dilakukan harus sesuai. Untuk olah raga (olga), harus khusus menggunakan kacamata untuk olga, seperti bersepeda. Demikian pula kebutuhan kacamata untuk berlayar, menyelam atau penerbang/pilot yang tentunya beda lagi.

Sunglasses sekadar untuk santai, bentuk kacamatanya tentu lebih modis atau sporty feminin. Menilik dunia fashion dan kecantikan, tentu saja pemilihan cengdem harus lebih detil lagi. Kesesuaian bentuk frame dengan bentuk wajah harus diperhatikan.

Warna lensa pun sangat beragam, hitam, warna kebiruan, dark red, dark blue, dark brown, dark green. Setiap warna lensa kacamata mempunyai fungsi berbeda. Warna abu-abu adalah warna netral yang mampu menyerap merata setiap spektrum warna. Warna ini hanya melembutkan cahaya ke arah mata. Lensa kehijauan, dapat menyerap panas serta membawa kesejukan, transparansi rendah. Sedangkan warna coklat dapat menyaring  sejumlah besar cahaya biru, sehingga peningkatan kontras dan ketajaman visi.

Warna apa pun yang Anda pilih, sebaiknya Anda memilih lensa yang dilengkapi dengan teknologi UV protector yang dapat menahan  sinar UV sampai 100%. Demikian pula dengan ukuran plus minusnya.

Sedangkan untuk merek, banyak ditawarkan seperti Nine West, Hugo Boss, Elizabeth & James, Maui Jim, Porsche, Dior Homme, Anna Sui (AS) dan masih banyak lagi. Untuk merek terakhir, feminin, retro dan warna adalah elemen yang selalu melekat pada koleksinya. Baik untuk koleksi busana, aksesoris, maupun beauty product. Tahun 2018 tetap warna ungu yang masih menjadi signature color yang kerap mewarnai koleksi maupun kemasan dari produknya.

Lain lagi dengan keluaran dari Dior Homme terbarunya, round shape yang masih  menjadi trend di dunia eyewear diolah secara eksentrik. Memanfaatkan garis lengkung dari shape ini. Sentuhan futuristisnya tampak dari sepasang lensa berbalut lapisan silver miror yang menyatu dengan material logam  di beberapa bagian bingkai. Dari Dior juga menawarkan konsep vintage dan bagi penggemar gaya klasik Dior hadir dengan gaya elegannya. ***

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.