Connect with us

Entertainment

JALAN yang JAUH JANGAN LUPA PULANG – Kisah Anak Rantau di UK Jalankan Toxic Relationship

Published

on

JAYAKARTA NEWS – Bagaimana nasib Aurora yang merantau jauh dari orang tua di United Kingdom (UK, Inggris Raya) ? Ending film ‘Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini’ (NKCTHI) yang tayang tahun 2019 dilanjutkan sekuelnya di film ‘Jalan yang Jauh Jangan Lupa Pulang’ (JJJLP) yang beredar minggu pertama Februari 2023.

Masih disutradarai Angga Dwimas Sasongko, film produksi Visinema ini full seluruhnya mengambil lokasi di Inggris. Peri kehidupan Aurora yang merantau ke Inggris guna berjuang meraih mimpinya menjadi seniwati yang berguna dan mandiri dikisahkan sisik meliknya secara detil di film ini. Termasuk kisah asmaranya dengan Jem, perupa yang hendak menghelat pameran lukisan di London. Jem dikenal dan dipacarinya ketika fase akhir masa kuliahnya di kamous.

Jem bertabiat ambisius dan temperamental. Sedangkan Aurora bersifat ekspresif dan pendiam. Puncaknya terjadi debat panjang dalam pameran lukisan Jem. Sehingga tiada pembeli lukisannya. Aurora gagal paham melihat ulah tingkah dan perangai Jem. Hubungan antara Aurora dan Jem ternyata berujung ‘toxic relationship’ yaitu hubungan beracun yang enggak sehat dan enggak jujur. Hubungan akibat miskomunikasi yang enggak benar ini menyebabkan gagal dan putusnya percintaan ini. Akibat lebih jauh : Aurora mengubur mimpinya dan kini kerja serabutan. Visi dan passion nya berantakan.

Semangat dan gairahnya untuk merampungkan kuliahnya nyaris sampai di titik nadir. Sebaliknya, Jem menilai, Aurora sebagai biang kerok mandegnya pengerjaan proyek karya seni yang dipamerkannya.

Sad ending ? Tamat ?

Belum. Datang sang dewa penolong. Pasca hilang kontak dengan keluarganya, kakak dan adik Aurora yaitu Angkasa dan Awan yang terbang ke London punya firasat enggak enak : kemana gerangan Aurora, kenapa enggak kuliah di kampus ?

Berdua memutuskan mencari Aurora dan ditemukan, Aurora sedang sakit. Ini sakit enggak wajar dan Aurora jalani kehidupan serabutan, pikir Angkasa. Dibujuknya agar Aurora kembali ke Indonesia kepada keluarganya.

Mampukah ?

Berkat kegigihan dan keteguhan bimbingan dan saran Angkasa dan Awan, ditambah dorongan semangat dari dua sobat terdekat dan terbaik Aurora (Kit dan Honey) yang sama-sama pekerja keras, dan pendekatan-pendekatan rutin, tirai toxic relationship mulai tersibak.

Emosi dan sikap ambisius Jem sedikit diturunkan. Sementara sikap pasrah dan menyerah Aurora dibangkitkan.

Dibantu alam semesta Inggris yang berenergi, Aurora dan Jem berjumpa kembali dan berjanji untuk kembali mengikat tali kasih. Pameran kembali hidup, bernyawa dan pembeli mulai berdatangan.

Visi terbangun sama. Mimpi Aurora tercapai. Happy ending.

Sheila Dara Aisha (foto Visinema)

“Alur cerita saya buat acak. Bisa mundur tiga bulan ke belakang n bisa maju dua minggu ke depan. Padahal ceritanya di Inggris,” timpal sutradara Angga Dwimas Sasongko kepada penulis.

Diangkat dari novel karya Marchella FP, kisah perjalanan kehidupan Aurora ini disunting secara apik oleh Maruki M Asmo.

Aurora dimainkan matang oleh Sheila Dara Aisha yang harus diakui, seni perannya sangat bernas. Pengalaman yang cukup lama sebagai biduanita di bidang musik sangat membantunya di ranah film. Jem yang ambisius diperankan Ganindra Bimo yang berhasil mengimbangi Sheila Dara. Pemeran kaun seperti Rio Dewanto, Lutesha Sadhewa, Jerome Kurnia dan Rachel Amanda  juga pas dilihat dan didalami porsinya. Enam pemain ini ciamik karakternya, sama-sama unggul dan meyakinkan.

Last bus not least : pasca mimpi diraih di rantau, yuk jalan yang jauh jangan lupa kita pulang. Nanti kita cerita lagi ! (pik)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *