Jakarta Biennale Hadir Lagi

 Jakarta Biennale Hadir Lagi

KABAR gembira bagi Anda penyuka seni khususnya seni rupa. Ya, ajang seni rupa dua tahunan Jakarta Biennale (JB) akan kembali digelar pada 4 November hingga 11 Desember 2017 mendatang.

Tahun ini, Jakarta Biennale mengusung tema Jiwa sebagai landasan pertukaran pemikiran tentang berbagai isu dan pertanyaan atas seni dan budaya kontemporer. “Lewat Jiwa, Jakarta Biennale 2017 akan mengamati berbagai ragam hubungan, menggugah sensibilitas rasa dan berusaha memperkaya cakrawala intelektual masyarakat pemirsanya,” jelas Ade Darmawan, Direktur Eksekutif Jakarta Biennale Foundation.

Selain dituangkan dalam sejumlah pameran seni di Gudang Sarinah Ekosistem, juga bakal digelar di beberapa museum di Jakarta seperti Museum Sejarah Jakarta, Museum Tekstil, Museum Seni Rupa dan Keramik, Museum Taman Prasasti, dan Museum Wayang.

Tak hanya penetapan waktu penyelenggaraan Jakarta Biennale 2017, tapi seniman Melati Suryodarmo juga dipilih oleh Jakarta Biennale Foundation sebagai penyelenggara acara sebagai Direktur Artistik.

“Praktik artistik Melati selama ini sebagai performance artist, dan pengalamannya di kancah seni baik lokal mau pun global menjadi pertimbangan untuk memilihnya sebagai Direktur Artsitik kali ini. Pengalamannya yang panjang dan luas, kami yakin akan dapat membuat Jakarta Biennale 2017 berbeda, segar dan tetap relevan,” kata Ade Darmawan.

Selain Direktur Artistik, telah terpilih empat kurator yang akan menggawangi proses kuratorial sepanjang persiapan Jakarta Biennale 2017. Keempat kurator tersebut adalah Annisa Gultom, (Jakarta), Hendro Wiyanto (Jakarta), Philippe Pirotte (Frankfurt) dan Vit Havránek (Praha).  ***

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *