Inilah 8 Ikon Betawi

 Inilah 8 Ikon Betawi

SIAPA tak kenal Ondel-ondel? Ya, Ondel-ondel memang identik dengan budaya Betawi. Namun sayang, keberadaannya mulai tersingkir oleh budaya asing. Karenanya, Pemprov DKI Jakarta meluncurkan delapan ikon budaya Betawi sebagai tindak lanjut Perda No 4 Tahun 2015 tentang Pelestarian Budaya Betawi. Salah satunya ya Ondel-ondel itu tadi.

Mau tahu delapan ikon budaya Betawi yang resmi diluncurkan itu? Ondel-Ondel, Kembang Kelapa, Ornamen Gigi Balang, Baju Sadariah, Kebaya Kerancang, Batik Betawi, Kerak Telor, dan Bir Pletok.

Menurut Plt Gubernur DKI Jakarta, Sumarsono, penetapan delapan ikon Betawi ini agar ada standarisasi dan penyeragaman. “Ke depan, kita mau Jakarta dibangun dengan semangat Betawi sebagai pondasi,” kata Sumarsono, saat peluncuran ikon Betawi di Balaikota DKI, Minggu (5/2).

Perda Pelestarian Budaya Betawi bahkan nantinya akan diturunkan ke Peraturan Gubernur (Pergub) dan Surat Edaran. Muaranya, kedelapan ikon Betawi itu akan mewarnai bangunan-bangunan dan tempat-tempat umum di Jakarta. “Yang jelas, nantinya semua gedung pemerintahan, gedung sekolah dan lainnya akan dihiasi ornamen khas betawi. Seluruh pegawai di DKI Jakarta juga akan diwajibkan memakai batik Betawi,” tegasnya. ***

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *