Indonesian Weekend 2018 Kembali Digelar di London

 Indonesian Weekend 2018 Kembali Digelar di London

MELANJUTKAN  sukses 2017 lalu, Indonesian Weekend 2018 ditargetkan dihadiri sedikitnya 39.000 pengunjung atau naik 30 persen. Sebagaimana diketahui, Indonesian Weekend merupakan festival tahunan yang dihelat Kemenpar. Festival ini bertujuan mempromosikan Wonderful Indonesia (WI) di Inggris. Festival budaya Indonesia ini akan digelar, 8 -9 September 2018, di Potters Fields Park, tepat sebelah Tower Bridge, jantung Kota London.

“Setiap Indonesian Weekend digelar selalu dipadati pengunjung. 2017 lalu, jumlah pengunjung mencapai 30.000 wisatwan manca negara (Wisman). Untuk 2018, ditargetkan jumlah pengunjung naik 30 persen menjadi 39.000 wisatawan manca negara,” kata Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran II Nia Niscaya, di Jakarta, kemarin.

2017 lalu, Indonesian Weekend berhasil mendatangkan 30.000 pengunjung. Rinciannya, 72,4 persen warga Inggris yang tinggal di London dan sekitarnya, 24,7 persen warga non-Inggris dan 2,9 persen orang Indonesia. “Indonesia Weekend menampilkan budaya yang kita miliki. Untuk itu, kami juga menggandeng airlines untuk menyediakan paket wisata,” tambah Nia.

Nia menambahkan, selain buat mempromosikan Wonderful Indonesia (WI), Indonesia Weekend 2018 juga sebagai upaya menarik kunjungan Wisman dari Inggris dan negara Eropa lainnya.  “Untuk pasar Eropa, Inggris merupakan sumber wisman utama bagi pariwisata Indonesia. Tahun ini diperkirakan jumlah wisatawan Inggris yang berwisata ke luar negeri (outbound) sebanyak 40 juta orang, sedangkan yang datang ke Indonesia tahun lalu sesuai target sekitar 384.000 wisman,” papar Nia lagi.

Menurut Nia Niscaya, Indonesian Weekend ini merupakan event yang strategis untuk meningkatkan kesadaran terhadap brand Wonderful Indonesia di Inggris, yang promosinya digencarkan dilakukan baik menggunakan media online maupun offline seperti memasang poster di sejumlah main London Tube Stations, pemberitaan di media lokal dan nasional Inggris, serta melalui media sosial.

Nia Niscaya menambahkan, Indonesian Weekend 2018 ini selain untuk mempromosikan Wonderful Indonesia dan menarik kunjungan wisman Inggris juga sebagai Recovery Bali. “Indonesian Weekend 2018 ini juga sebagai Recovery Bali. Kita kehilangan sekitar 1 juta wisman karena Erupsi Gunung Agung, diharapkan ajang ini ikut membantu memulihkan Pulau Dewata,” tandasnya. (gun)

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *