Connect with us

Entertainment

‘Indonesia dari Timur’: Tentang Bola dan Papua

Published

on

adegan film 'Indonesia dari Timur' ( foto Alenia )

JAYAKARTA NEWS— Sepak bola adalah olahraga yang sangat diminati masyarakat. Setiap ada pertandingan bola – baik di tingkat nasional maupun di tingkat internasional – penonton dan pendukung fanatik berjubel.

Terinspirasi ketika nonton kompetisi bola di PON 2021 di Jayapura, pasutri artis Ari Sihasale dan Nia Sihasale Zulkarnaen membuat film berjudul ‘Indonesia dari Timur’ (IdT) yang akan diedarkan tahun 2024.

Dilihat dari film produksi Bhinneka Multi Media dan Alenia Pictures ini, sekelumit IdT berkisah tentang perjuangan atlet-atlet muda bola dari Papua.

Diangkat dari kisah nyata, film ini full mengambil lokasi di Wamena, Timika dan Jayapura (dengan stadion olahraganya yang megah) yang dibalut dalam nuansa elok alam Indonesia di Papua, Papua Tengah dan Papua Pegunungan.

“Film ini berkisah tentang semangat dan kebersamaan Indonesia lewat bola. Sepak bola adalah olahraga pemersatu bangsa yang dicinta seluruh rakyat Indonesia,” ujar Ari Sihasale yang pernah sukses membuat debutnya sebagai sutradara dalam film ‘Denias, Senandung di Atas Awan’.

Adegan film ‘Indonesia dari Timur’ (foto Alenia)

Setali tiga uang dengan Nia Sihasale Zulkarnaen selaku produser. “IdT adalah bukti cinta kami kepada Tanah Air Indonesia. Kitorang mampu mengobarkan api yang ‘menyala’ (bersinar) untuk generasi muda Indonesia,” ungkap Nia Sihasale yang diiyakan executive producer Helmalia Putri.

Sedangkan Co Producer Ahmad Syahrul Fadhil mengaku ihwal kehormatan dan kebanggaannya sehingga ia bisa mengekspose keindahan tanah Papua lewat bola.

“Ceritanya tentang kehangatan keluarga, kebersamaan dan kesetiaan yang menjadi unggulan masyarakat. Tentang percintaan kepada orang tua khususnya dengan ‘mama’ nya, cinta terhadap bola dan cinta terhadap merah putih,” tutur Ahmad Syahrul Fadhil.
Sederet pemeran terkenal membintangi film ini, yaitu Ibnu Jamil (pilot senior Edu), Ari Sihasale (coach John), Donny Alamsyah (pemilik maskapai Simon), Marcellino Lefrand dan Dinda Ghania.

Tak kalah akting segudang bintang muda Papua : Yesaya Kogoya, Richardo Youwe, Yulianus Yual, Karel Fonataba dan Michael Twenty.

Kita berharap IdT mampu mengukir sejarah sebagai film olahraga bola yang bisa mengumpulkan ratusan ribu penonton di bioskop.

‘Manyala’ Papua ! ‘Manyala’ Merah Putih ! (pik)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *