Connect with us

Kabar

Indeks Risiko Bencana Banjir dan Banjir Bandang Kabupaten Aceh Singkil

Published

on

JAYAKARTA NEWS— Berdasarkan indeks kajian risiko bencana yang dipantau dari InaRisk Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), wilayah Kabupaten Aceh Singkil memiliki risiko banjir dan banjir bandang dalam kategori sedang hingga tinggi.

Demikian rilis Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Raditya Jati, Selasa (18/5/2021).

Disebutkan, data InaRisk menunjukkan ada 9 kecamatan yang berisiko terpapar banjir dengan cakupan luas wilayah hingga 13.513 hektar dengan jumlah penduduk yang berpotensi terdampak sebanyak 38.818 jiwa.

Tim BPBD Kabupaten Aceh Singkil bersama unsur Polri dan warga setempat mengoperasikan perahu karet guna dipakai untuk pendataan dan evakuasi warga terdampak banjir di Kabupaten Aceh Singkil, Selasa (18/5). FOTO: BPBD Kab. Aceh Singkil

Selanjutnya untuk indeksi data banjir bandang, ada sebanyak 7 kecamatan di Kabupaten Aceh Singkil dengan total luas risiko meliputi 4.517 hektar dan jumlah pendududk yang berpotensi terdampak hingga 6.204 jiwa.

Dengan melihat data prakiraan cuaca BMKG dan indeks risiko bencana dari InaRisk, maka BNPB mengimbau seluruh pemangku kebijakan di daerah baik tingkat Gubernur hingga RT dan RW serta masyarakat untuk waspada dan meningkatkan kesiapsiagaan terhadap potensi bencana hidrometeorologi, seperti banjir, banjir bandang dan tanah longsor.

Dalam hal ini, diharapkan masyarakat secara mandiri juga dapat mengakses informasi peringatan dini cuaca dan indeks kajian risiko hingga tingkat kecamatan melalui aplikasi InfoBMKG dan inarisk.bnpb.go.id.***ebn

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *