Harmoni Warna Indonesia dan Kagama Depok Gelar Vaksinasi Covid-19 Isi HUT RI Ke-76

 Harmoni Warna Indonesia dan Kagama Depok Gelar Vaksinasi Covid-19 Isi HUT RI Ke-76

Panitia dari Kagama Depok dan Harmoni Warna Indonesia (Foto: Istimewa)

JAYAKARTA NEWS – Ada cinta dari Depok. Ini adalah slogan dari serangkaian kegiatan  dalam memeriahkan HUT RI Ke-76 yang diselenggarakan Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) Depok bersama Harmoni Warna Indonesia.  Kegiatan yang diawali pada 7 Juli 2021 itu, terdiri dari empat rangkaian acara. Puncaknya adalah pemberian vaksinasi pada 29 Agustus 2021 di Puskesmas Depok Utara, Depok.

“Rangkaian  kegiatan Peringatan 17 Agustus ini terdiri dari canthelan, lomba tari tradisional virtual, malam tirakatan dan kegiatan puncaknya adalah vaksinasi ini,” ujar Koordinator HWI, dr Endang Tri Kurniadewi,SpOG, kepada Jayakarta News, Senin (30/8).

Endang  mengatakan, bahwa kegiatan vaksinasi ini merupakan dukungan kepada pemerintah dan partisipasi untuk membantu percepatan vaksinasi covid massal.  “Sehingga pandemi segera teratasi  dan masyarakat bisa beraktifitas dengan normal kembali,” ujarnya lagi.

Vaksinasi diperuntukkan untuk masyarakat usia 12 tahun ke atas dan tersedia 300 vaksin. “Warga tidak dibatasi harus KTP Depok, dan tidak harus domisili Depok. Semua yang mendaftar darimana pun dilayani,” tutur Endang.

Endang mengakui kalau masyarakat sangat antusias dalam pemberian vaksin ini. “Mereka sangat antusias, terbukti dari vaksin yang tersedia habis. Memang ada yang terdaftar yang tidak hadir atau ada yang beberapa tidak lolos skrining, namun kami punya waiting list yang menunggu bila ada yang batal,” kata Endang  sambil mengingatkan, vaksinasi kedua akan diberikan pada 26 September 2021.

Menurutnya, HWI adalah sekelompok masyarakat Depok yang terdiri dari berbagai agama, budaya dan sosial. Mereka  berbaur  ingin memberikan kontribusi untuk kota Depok melalui kegiatan seni budaya dan kampanye nasionalisme.  Bersama dengan Kagama Depok, rangkaian kegiatan yang membangun dan menjukkan cinta ini, digelar hampir dua bulan.

Bermanfaat  Dimanapun

Sementara itu, Ketua Kagama Depok (plt), Sriyanto menjelaskan, empat kegiatan dalam  menyambut HUT RI ke-76 ini,  diawali dengan Lomba Tari Tradisional. Lomba Tari Tradisional diadakan selama satu bulan, 7 Juli hingga 6 Agustus. “Lomba ini sebagai wadah atau ajang kreatifitas bagi adik-adik kita di masa pandemi ini,” ujarnya.

Menurutnya, panitia menerima sekitar 325 karya dari peserta yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. “Ini sebuah kebanggaan dan sungguh melegakan bahwa generasi muda kita masih banyak yang peduli dengan budaya Nusantara yang sangat beragam,” papar Sriyanto.

Kegiatan kedua dinamakan Canthelan. Kegiatan ini berisi pesan: Silahkan Ambil Bagi yang Membutuhkan, Silahkan Berbagi Bagi yang Berlebih. Kegiatan ini merupakan membagikan paket bahan makanan atau makanan siap saji kepada masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

Canthelan berlangsung dari 28 Juli hingga 17 Agustus. Berhasil membagikan  1240 paket di sekitar Polsek Beji, Depok dan yang kebetulan lewat di sekitar wilayah tersebut. Canthelan, selain diisi oleh HWI dan Kagama, juga ada beberapa komunitas yang ikut berpartisipasi. “Harapan kami program ini dapat berkelanjutan dan menjadi inspirasi bagi masyarakat luas untuk saling bahu membahu di masa sulit ini,” tuturnya lagi.

Kegiatan Malam Tirakatan Virtual merupakan acara ke tiga pada 16 Agustus dengan platform Zoom. Kegiatan ini  diikuti 250 peserta remaja dari seluruh nusantara dan dihadiri Ganjar Pranowo selaku PP Kagama.

Malam Tirakatan diisi dengan doa bersama lintas agama. Juga ada cerita dari empat eyang tentang pengalaman masa penjajahan dari tahun 1935-1946. “Sasaran acara ini adalah remaja agar bisa mendengar langsung dari pelaku sejarah, agar generasi muda semakin mencintai bangsa ini,”  papar Sriyanto lagi.

Puncak acara adalah pemberian Vaksinasi Covid-19. “Ini adalah ikhtiar kami bersama agar pandemi Covid 19 segera berakhir,” katanya.

Kagama Depok danHWI, juga bekerja sama dengan pihak lain. Seperti yang dikatakan Sriyanto, “Banyak pihak yang kami rangkul seperti Kagama Beksan Jabodetabek, Polsek Beji, Puskesmas Depok Utara, Komunitas Jogja Gotong Royong, PT Jasa Raharja, PT PGN Solution, dan lainnya yang tidak bisa disebutkan satu persatu,” urainya.

Tentu saja diharapkan rangkaian kegiatan ini memberi manfaat bagi masyarakat luas. “Sebagaimana pesan Ketua Kami, Ketua Umum Kagama, Bapak Ganjar Pranowo agar Alumni UGM tetap guyub rukun migunani, bermanfaat dimanapun berada, baik bagi masyarakat dan bangsa,” pungkas Sriyanto. (mel)  

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *