Gubernur Khofifah Borong Noken untuk Oleh-oleh di Pasar Mama-Mama

 Gubernur Khofifah Borong Noken untuk Oleh-oleh di Pasar Mama-Mama

Gubernur Jatim Khofifah saat berbelanja noken di pasar mama-mama (foto: istimewa)

JAYAKARTA NEWS – Apa  saja yang dilakukan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa selama di Papua? Selain memberikan suport kepada atlet Jatim yang sedang bertanding di PON XX, perempuan yang dekat dengan masyarakat itu  juga menyempatkan diri memborong noken khas Papua di Pasar Mama-Mama Papua, Kota Jayapura, Minggu (3/10) malam usai semua event selesei.

Belasan  noken diborong Khofifah yang rencananya akan dibagikan ke sejumlah kawan yang pesan saat mereka tahu saya ke Papua. Noken sendiri adalah tas tradisional masyarakat Papua yang dibawa dengan menggunakan kepala dan terbuat dari serat kulit kayu.

“Teman-teman saya banyak mengetahui saya ada di Jayapura. Beberapa diantaranya ada yang minta dibawakan oleh-oleh khas Papua,” ungkap Khofifah.

Tidak hanya noken, Khofifah juga memborong berbagai buah-buahan khususnya pisang kepok merah  yang dijual para pedagang, termasuk  sarang semut dan balsem pala khas Papua Barat. Balsem yang termasuk bahan kosmetik itu memiliki manfaat untuk kesehatan kulit. Produk tesebut merupakan hasil kerjasama Badan usaha Milik Kampung (BUMK) di Kab. Fak-Fak, Papua Barat.

Menurut Khofifah, aksi borongnya tersebut merupakan bagian dari upaya turut mendorong pemulihan perekonomian masyarakat  serta menyemangati mama- mama penjual di pasar sini yang terdampak  akibat Pandemi Covid-19. Mengingat, pandemi berdampak besar pada roda perekonomian masyarakat, utamanya pelaku UMKM.

Di Pasar Mama-Mama Papua tersebut, Khofifah tampak begitu menikmati suasana pasar. Khofifah juga bercengkrama dan mengajak para pedagang berbincang dan membagi-bagikan kue Spikoe yang notabene adalah panganan khas Surabaya –  Jawa Timur. Khofifah mengatakan, bahwa kunjungannya ke Pasar Mama-Mama Papua ini bukan yang pertama. Diantara mereka cukup banyak yang mengenal Khofifah sebagai menteri.

“Setiap kali berkunjung ke Jayapura, dan wilayah Papua lainnya saya selalu menyempatkan diri untuk datang ke pasar mama- mama. Biasa saya cari pisang kepok merah yang manis gurih.  Dulu kondisi pasar ini  tidak seperti sekarang, jauh berbeda karena sudah diperbaharui sekitar 2 tahun belakangan,” imbuhnya.

Sebelum beranjak, Gubernur Khofifah menulis di atas kertas putih yang diminta salah satu pedagang. Sebuah kalimat yang mengungkapkan rasa bahagia bisa berbelanja di Pasar Mama Papua serta harapan doa agar Mama Papua bisa terus berkarya.

Sementara itu, salah satu pedagang Agustina Mote (51) mengaku senang barangnya dibeli orang nomor satu di Jatim tersebut. Ia pun sempat tidak menyangka jika bisa bertatap muka langsung dengan Khofifah yang juga Mantan Menteri Sosial tersebut. 

“Tadi Ibu Gubernur beli tas noken seharga Rp. 300 ribu dan sarang semut seharga Rp. 100 ribu. Saya sangat senang karena hari ini belum ada pembeli. Setelah Ibu Khofifah datang, baru dapat uang. Lumayan Rp. 400 ribu,” ungkapnya.

Senada, pedagang lainnya, Mama Susana (45) pun merasa bangga dan gembira karena barang dagangannya  dibeli oleh Gubernur Khofifah. Ia berharap, Khofifah bisa kembali berkunjung ke Pasar Mama-Mama Papua di lain waktu untuk membeli barang dagangannya.

“Terima kasih ibu. Sudah beli disini. Semoga kesini lagi Ibu Khofifah,” harapnya. (poedji)

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *