Connect with us

Ekonomi & Bisnis

Gilaaa! Start-Up Hasilkan $ 147 juta dalam 3 Jam Lewat ICO

Published

on

 

  • Catat! Bagi Anda yang tertatih-tatih mengumpulkan pembiayaan untuk perusahaan start-up, model initial coin offering ini mungkin akan menjadi jalan keluar yang cerdas untuk membangun bisnis UKM Anda menjadi raksasa!

Proyek token Bancor berhasil mengumpulkan sekitar $ 147 juta pada  Senin (12/6/2017) lalu dalam sebuah penawaran koin awal, dan ini menjadikannya sebagai kampanye penggalangan dana terbesar kedua di industri blockchain, demikian laman Bancor (https://bancor.network) mewartakan.

Bancor memungkinkan pembuatan apa yang disebut “smart token” (token cerdas), yang dapat menyimpan satu atau beberapa token atau mata uang digital yang tersimpan. Hal ini juga memungkinkan pihak manapun untuk segera membeli atau melikuidasinya secara langsung melalui “smart contract”, tanpa pihak lawan dan tanpa mengandalkan pertukaran. Kontrak pintar adalah transaksi yang dieksekusi sendiri.

Menurut situs web Bancor, penawaran tersebut telah menghasilkan 396.720 Ether, ini adalah mata uang digital untuk jaringan Ethereal. Anda mungkin sudah mengenal dan pernah mendengar mata uang digital Bitcoin. Ethereal adalah semacam itu juga yang diperdagangkan di dunia maya. Kita mengenal uang kartal dengan berbagai jenis, seperti dolar Amerika, Rupiah, Rupi, peso dll.  Untuk Anda ketahui saja, mata uang Ethereal yang terakhir diperdagangkan pada $ 369,62, demikian informasi dari Etherscan, pihak yang menyediakan data mengenai blokade Ethereal.

Selama dua tahun terakhir, start-up berada di “blockchain” atau  “distributed ledger” yang terdokumentasi menciptakan token digital atau mata uang dan menjualnya ke publik untuk menambah modal. Tren pertumbuhan mata uang digital semacam ini  berpotensi mengganggu perusahaan modal ventura, yang secara tradisional menjadi penyandang dana utama untuk memulai usaha.

Upaya penggalangan dana terbesar melalui penjualan token adalah “The DAO” yang dilakukan pada  Mei 2016. DAO dirancang sebagai model crowdfunding yang terdesentralisasi, dimana setiap orang dapat memberi kontribusi token ether untuk menjadi anggota suatu pemungutan suara dan pemangku kepentingan dalam organisasi.

 

Seperti yang tercantum dalam white paper  Bancor, 50 persen token akan diberikan kepada kontributor dalam penggalangan dana, 20 persen dialokasikan untuk kemitraan, hibah masyarakat dan hadiah publik, 20 persen untuk anggaran operasi jangka panjang dari yayasan Bancor, dan 10 persen kepada para pendiri, anggota tim, penasihat dan kontributor awal.

Sukses tersebut tidak lepas dari kerja kertas Bancor  yang suskes mengembangkan sebuah protokol unik yang dapat memungkinkan hampir setiap orang untuk mengembangkan “smart token” digital mereka sendiri, yang  kemudian membantu mereka untuk membuatnya dapat dipasarkan dengan memberikan likuiditas dan harga pasar dari hari pertama.

Kalau digambarkan, seperti bagaimana sebuah perusahaan go public dalam  penawaran saham perdana (IPO). Cara yang ditawarkan Bancor tergolong baru dan berpotensi “meledak” untuk meningkatkan modal bagi bisnis Anda, maka perlu  melakukannya dengan  initial coin offering (ICO atau penawaran koin awal).

Sisi positif dari ICO adalah, tidak memerlukan  persyaratan pengarsipan, tidak ada peraturan Securities and Exchange Commission, tidak ada pelaporan triwulanan dan tidak ada pengungkapan publik yang diminta. Kelemahan yang mungkin terjadi adalah, uang yang Anda kumpulkan akan di kriptocurrency digital dan investor Anda akan membeli “token” dan bukan saham. Apa ini terdengar menakutkan? Yang pasti, beginilah mata uang digital.

Bancor adalah salah satu perusahaan yang “bermain” dengan mata uang digital. Perusahaan yang berbasis di Israel ini, menurut laporan The CoinTelegraph, sangat mengenal mata uang digital, sedemikian rupa sehingga telah mengembangkan sebuah protokol unik yang dapat memungkinkan hampir setiap orang untuk mengembangkan “token pintar”.

Dengan protokol itu, Bancor  membantu mereka untuk membuatnya dapat dipasarkan dengan memberikan likuiditas dan harga pasar pada  hari pertama penawaran. Perusahaan melakukan ini dengan membiarkan cryptocurrency  Anda yang  dapat dikonversi ke mata uang lain (termasuk dolar AS)  “melalui model ekonomi jenis baru yang menggunakan harga yang mendekati algoritma untuk menyeimbangkan pembelian dan penjualan” menggunakan “mekanisme cadangan inovatif”.

Seperti telah disebutkan di atas, platform Bancor dibangun di atas blockchain, teknologi yang lagi hot  yang menggunakan “buku besar digital” untuk mencatat secara kronologis pergerakan uang. Untuk Anda ketahui saja, kini Blockchain sedang dilirik  oleh kalangan perbankan besar dan perusahaan perangkat lunak, sebagai cara untuk mengelola transaksi online secara lebih aman.

Jika Anda ingin melakukan penawaran koin awal,  pertama-tama Anda perlu masuk dengan  rencana bisnis dan kemudian Anda menerbitkan token. Ya, bukti ini  seperti saham. Para investor yang membeli token Anda berharap agar rencana perusahaan Anda berhasil, sehingga nilai token Anda tumbuh. Itulah yang diharap oleh para investor dari Bancor, termasuk seorang kapitalis usaha Tim Draper dari Draper Fisher Jurvetson.

Dengan cara ini, uang  riil dibangkitkan di sini. Menurut laporan Crypto Coin News ini, Bancor mengeluarkan tokennya sendiri dan mengumpulkan sekitar 390.000 Ether (mata uang kripto yang bersaing dengan Bitcoin) dalam penawaran koin awalnya.  Semuanya terjadi secara online dan direncanakan terjadi lebih dari satu jam, namun diperpanjang hingga tiga jam, karena permintaan dan pengiriman backlog. Ada sekitar 11.000 pembeli yang membeli coin seharga hampir $ 27 juta dari token perusahaan.

Tentu, Ether, seperti Bitcoin dan cryptocurrencies lainnya,  mengalami fluktuasi yang signifikan atas nilai mereka selama beberapa tahun terakhir. Tapi mata uang digital ini kini tengah hot.  Melalui uang digital ini,  uang  $ 100 dari pembelian Bitcoin pada tahun 2010 sekarang bernilai $ 75 juta.

Untuk meningkatkan likuiditas, maka  Bancor memasukkan  20 persennya ke dalam cadangan. Tampaknya, itu merupakan  ide bagus.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *