Final Festival Gugak Indonesia

 Final Festival Gugak Indonesia

JAYAKARTA NEWS – Festival Gugak Indonesia telah memasuki tahap final. Kegiatan yang diselenggarakan Gamelan Arirang dan didukung Korea Foundation ini berhasil menyaring delapan peserta sebagai finalis.

Mereka adalah: Dua, Heuruem, Bengawan Jeremia, Saputra Pepalit, Mahadewa Nada, Tuju, Tanah Malai, dan Swara Gangsa Junior. Semua finalis akan tampil pada hari Sabtu, 25 September 2021 melalui platform YouTube Festival Gugak Indonesia.

Festival Gugak Indonesia 2021 diselenggarakan sebagai bentuk dukungan terhadap kolaborasi Indonesia-Korea ke kancah internasional dan mengembangkan sarana edukasi dan promosi perkembangan budaya Indonesia dan Korea di bidang kesenian musik tradisional, serta berpeluang untuk membangun kemitraan yang lebih luas.

Berjalannya acara ini diharapkan dapat memberikan ruang penciptaan seni di masa pandemik dan mengenalkan musik tradisional kepada masyarakat melalui karya-karya yang tercipta dari lomba kolaborasi ini.

Festival Gugak Indonesia 2021 telah berjalan selama 4 bulan. Mulai dari kegiatan pendaftaran, Semi Final, dan Final. Pada tahap Semi Final terdapat 9 karya grup peserta yang berdurasi 7-15 menit dan dapat diapresiasi oleh masyarakat dengan cara menonton, like dan comment dalam jangka waktu tanggal 1 – 5 September 2021 melalui Youtube Festival Gugak Indonesia.

Hasil kontribusi masyarakat di Youtube tersebut akan digabungkan dengan penilaian para dewan juri yang digunakan sebagai penentuan 7 finalis Festival Gugak Indonesia. Terpilihnya 7 Finalis Lomba Kolaborasi Musik Tradisional Korea dan Indonesia, yaitu:

1. Dua dengan karya “Gyehwa”

2. Heuruem Bengawan dengan karya “Uri Maeum”

3. Jeremia Saputra dengan karya “Muara”

4. Pepalit Mahadewa dengan karya “Liligundi”

5. Nada Tuju dengan karya “Polytrend”

6. Tanah Malai dengan karya “Tanah Malai Tolung Lingu”

7. Swara Gangsa Junior dengan karya “Ngracik”

Final Festival Gugak akan diadakan secara online pada Sabtu, 25 September 2021. Video akan ditayangkan melalui platform Youtube Festival Gugak Indonesia pukul 19.00 WIB. (PR)

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *