Film ‘Sepeda Presiden’ Tayang Natal 2021

 Film ‘Sepeda Presiden’ Tayang Natal 2021

Adegan dalam film ‘Sepeda Presiden’ (foto Radepa Studio)

JAYAKARTA NEWS – Selama ini, sutradara Garin Nugroho selalu membuat film bertema drama remaja dan kepahlawanan. Baru kali ini, Garin mendadak membuat film tentang anak. Judulnya ‘Sepeda Presiden’ dan tayang di bioskop mulai 23 Desember 2021.

Mengapa dia tertarik ke cerita anak dan budaya Indonesia, khususnya budaya Papua? Cerita anak selalu kaya, unik dan menarik diangkat. “Menarik karena cerita mereka bukan cerita anak-anak metropolitan atau kota besar. Kaya oleh khasanah dan nuansa yang enggak ditemui di banyak bagian lain Indonesia,” papar Garin Nugroho.

Dan unik? Tentu dengan kekayaan alamnya, anak-anak Papua menghadirkan kisah menarik kehidupan mereka. Sutradara jebolan Fakultas Film dan Televisi IKJ ini berkali-kali mengunjungi Papua dan sama sekali tak mengurangi kekagumannya akan keindahan tanah Papua serta bakat-bakat yang dimiliki orang-orang Papua.

Justru Papua memberi ide besar bagi Garin Nugroho dan Hestu Saputra yang didaulat menjadi sutradara film ini. “Papua adalah sebuah sumber spirit, sumber talenta akting, tari dan nyanyi serta kegembiraan,” ujar Garin Nugroho.

Mengapa Sepeda Presiden?  Karena visual Presiden dan sepedanya boleh dibilang sangat catchy. Menjadi peristiwa budaya yang menarik dan secara sosial melahirkan partisipasi dan viral. Demikian juga dengan peristiwa pertemuan presiden dengan berbagai anak Indonesia berkait hadiah sepedanya melahirkan beragam kekocakan yang jadi perbincangan dan viral seperti kisah rakyat hari ini.

Berkisah tentang pertemuan antara tiga sekawan di Papua yang ingin bertemu Presiden dengan Youtuber  yang lari dari kejenuhan hidup di Jakarta ke Papua. Pertemuan yang melahirkan peristiwa serba kocak diwarnai petualangan di alam Papua yang elok serta dipenuhi lagu anak-anak yang menghibur.

“Film ini representasi dari kisah mimpi dan harapan anak-anak Indonesia untuk bisa memiliki informasi dan kelimpahan segala kemudahan yang dinikmati oleh anak-anak metropolitan,” kali ini yang bicara Avesina Soebli, produser dari Radepa Studio bekerjasama dengan Bakti Kominfo dan Pertamina. Proses syuting yang dilakukan Oktober 2021 lalu mengambil lokasi di Sorong dan Raja Ampat.

Sederet aktor ternama ikut membintangi film ini seperti Ariel Tatum, Sita Nursanti (eks Trio RSD), Joanita Chatari, Ian William dan anak-anak asli Papua  ‘The Papua Kids’ : Arnold Aner Asmuruf, Dede Ramandei dan Elias Pandawa. Juga ada Bona Pascal dan JB Macho yang mendendangkan lagu ‘Yospan’ dan ‘Sajojo’.

Kemudian ada lagu ‘Papua’, ‘Sepeda Presiden’, ‘Risau’ dan tiga lagu ciptaan Ismail Marzuki : ‘Kunang Kunang’, ‘Bunga Anggrek’ dan ‘Layang Layang’ yang dibawakan Ariel Tatum.

Ariel Tatum ikut bermain di film ‘Sepeda Presiden’ yang lolos sensor untuk Semua Umur (foto suara.com)

Tak ketinggalan anak-anak Papua dan para biarawati yang tengah menjalankan pekerjaan mengajar juga ikut menyanyi dan menari. Praktis ada 17 lagu dalam film ‘Sepeda Presiden’ yang diberi peringkat Semua Umur ini.

Di bagian skenario menggandeng Swastika Nohara dan Garin Nugroho. “Selama saya berkecimpung di dunia film, saya berobsesi ingin ditangani mas Garin Nugroho. Lewat film ini, doa saya terkabul. Malah saya bisa bertamasya ke tanah Papua yang alamnya masih molek dan perawan,” kenang Sita Nursanti yang berperan sebagai suster pengajar. Cekak aos, ‘Sepeda Presiden’ mengangkat kisah lucu anak-anak Papua yang belajar dan berjuang mengejar mimpi dengan keindahan alam dan musiknya.

Menyambut hari Natal yang cerah dan bergembira, menari dan menyanyi bersama karena Papua adalah satu-satunya Propinsi di RI yang berzona hijau dan enggak dilabrak virus Covid 19. “Kami ingin mengajak semua anak dan keluarga Indonesia untuk bergembira bersama dan mengajak masyarakat kembali ke bioskop dengan mengikuti protokol kesehatan,” pungkas Garin Nugroho optimistis. Haleluya! (pik)

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.