D’Kandang, Bikin Anak Betah Orangtua Lelah

 D’Kandang, Bikin Anak Betah Orangtua Lelah
D’Kandang Amazing Farm. Sebuah objek wisata-edukasi yang hadir di Jl. Penarikan (Perum PGRI), Pasir Putih, Sawangan, Depok. Foto: Taofik H

ANDA, khususnya warga perkotaan pasti pernah melihat atau mendengar sebuah ironi: Seorang anak tidak bisa membedakan sapi dan kambing. Seorang anak tidak bisa membedakan itik mana dan ayam. Boro-boro ditanya nama jenis tanaman. Bahkan orang tuanya pun belum tentu tahu nama-nama jenis tumbuh-tumbuhan.

Atas kondisi itulah lahir D’Kandang Amazing Farm. Sebuah objek wisata-edukasi yang hadir di Jl. Penarikan (Perum PGRI), Pasir Putih, Sawangan, Depok – Jawa Barat. Di sini, anak-anak –bahkan orang tua—bisa belajar mengenal hewan dan tumbuh-tumbuhan melalui aneka gimmick menarik.

Di sini, anak-anak diajak memerah susu sapi. Foto: Taofik H

Jangan khawatir, tiket masuk ke D’Kandang Amazing Farm, boleh dibilang murah, jika bandingannya adalah Ancol atau di banyak lokasi water park. Manajemen D’Kandang mematok harga tiket Rp 18 ribu dan Rp 35 ribu. Tiket Rp 18 ribu, bonusnya sebotol yogurt. Sedangkan tiket yang Rp 35 ribu, bonusnya yogurt plus topi rimba. Nah, setelah Anda di area D’Kandang Amazing Farm, barulah bebas memilih aneka paket wisata-edukasi dengan harga bervariasi.

Farm Edutainment for Kids (A), dibanderol Rp 120 ribu, untuk lima macam aktivitas utama. Kelima kegiatan itu adalah menanam tanaman hias, memanen sayuran organik, memerah susu sapi, menyusui cempe etawa (domba), dan menunggang kuda/delman.

Apakah ada bedanya dengan paket yang B? Tentu beda. Setidaknya beda di harga. Jika paket A seharga Rp 120 ribu, maka yang Farm Edutainment for Kids B berbiaya Rp 130 ribu. Kemahalan Rp 10 ribu, sepadan dengan kegiatan pokok yang lebih banyak. Kegiatan itu adalah, mencangkok (stek/okulasi) pohon, memanen sayuran organik, memberi makan sapi/kerbau, menyusui cempe etawa (domba), memerah susu sapi, dan menunggang kuda atau menangkap ikan.

Kandang kambing etawa. Foto: Taofik H

Apakah hanya ada dua paket itu saja? Masih banyak paket lain. Misalnya, Creative With Kokedama yang dikenakan biaya Rp 100 ribu per peserta. Tiga kegiatan pokoknya adalah membuat kreasi tanaman khas Jepang, menunggang kuda, dan mendapatkan hasil kreasi kokedama. Kokedama adalah teknik menanam dengan media tanam lumut. Cara ini merupakan seni tradisional Jepang. Kokedama biasa disebut juga bola lumut Jepang. Tanah yang ditanami benih lumut lalu dibentuk bulat (biasanya sebesar tempurung kelapa).

Paket lain dinamakan Creative With Potty Doll, seharga Rp 100 ribu. Paket ini mengajarkan cara membuat boneka kreatif dari tanaman, menunggang kuda/delman, dan mendapatkan boneka potty beserta media tanam dan benihnya. Potty Doll adalah boneka yang dapat ditanami beraneka macam tanaman hias mini, benih sayuran dan bunga-bungaan. Boneka dikemas secara menarik, termasuk benih dan sekam sebagai media tanamnya, berbentuk aneka macam binatang sehingga disukai anak-anak.

Paket berikutnya Creative With Clay seharga Rp 100 ribu. Sesuai namanya, maka paket ini berisi aktivitas membuat kreasi dengan tanah liat. Selain itu, sama dengan paket lain, yakni menunggang kuda/delman, dan mendapatkan hasil kreasi tanah liat.

Di sini tersedia aneka tumbuhan. Foto: Taofik H

Paket-paket tersebut adalah paket pokok. Di luar paket pokok, D’Kandang Amazing Farm menawarkan kegiatan ekstra yang beragam. Untuk menghangatkan pengunjung, mereka menyiapkan welcome drink berupa susu hangat, plus pudding. Petugas yang ada juga sangat ramah dan lihai melakukan ice breaking, sehingga anak-anak mudah cair.

Masih dalam rangka membuat anak-anak nyaman dan betah, petugas mengajak peserta melakukan senam pinguin. Bahkan, diadakan juga sesi foto bersama. Sepertinya mereka berprinsip, jika anak-anak betah, orang tua tidak akan ada masalah, kecuali lelah. Sebaliknya, jika anak-anak tidak kerasan, orang tua pun ikut bosan.

Jika anak-anak kerasan dan orang tua senang, persoalan selanjutnya adalah stamina. Sebab, masih sangat banyak kegiatan yang tersedia sebagai wahana untuk belajar sambil bermain. Misal, bagaimana mengenal tanaman vertikal, mengenal kolam penjernihan air, mengenal seni bonsai, sawah, urban farming, sayuran organik, tanaman buah, tanaman hias, apotek hidup, kompos, green house (rumah tanaman hias), dan lain-lain.

Yang tak kalah menarik, D’Kandang Amazing Farm juga menyediakan fasilitas outbond, Rp 100 ribu per orang. Selain mendapatkan susu hangat dan pudding, peserta juga mendapatkan kesempatan sesi foto dan souvenir. Sarana outbound bisa dibilang sangat lengkap baik untuk high rope (flying fox, spider net, dll), maupun low rope (back ball, estafet ball, bambu titian, tangram, dll).

Belum cukup semua informasi di atas? Percayalah, manajemen D’Kandang Amazing Farm masih memiliki banyak paket menarik lain. Soal puas memang relatif, tetapi umumnya peserta mengekspresikan kepuasan sepulang dari sana. **

Green House, D’Kandang Amazing Farm, Depok. Foto: Taofik H
Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *