Connect with us

Sport

Dibabat Thailand, Tim Sepakbola Indonesia Keok

Published

on

JAYAKARTA NEWS— Target juara hanya mimpi. Tim Nasional U 23 Indonesia gagal melaju ke final setelah ditaklukkan Thailand melalui babak tambahan waktu dengan skor 1-0 pada laga semifinal cabang sepakbola SEA Games 2021 Vietnam yang berlangsung di Stadion Thien Truong, Nam Dinh, Vietnam, Kamis (19/5/2022).

Hasil dicapai pelatih Timnas U 23 Indonesia, Shin Tae-yong yang menjadi bintang iklan salah satu produk kopi itu tidak lebih baik dari Timnas U 23 Indonesia yang diasuh Indra Syafri pada SEA Games 2019 Filipina. Saat itu, Timnas U 23 Indonesia bukan hanya mengalahkan Thailand di babak penyisihan dengan skor 2-0 tetapi meraih medali perak setelah di final kalah dari Vietnam dengan skor 3-0.

Di babak pertama, permainan kedua tim berimbang. Timnas U-23 Indonesia tampil lebih agresif pada sepuluh menit pertama. Beberapa kali serangan dilakukan Fachruddin dan kawan-kawan mampu dikandaskan oleh barisan pemain Thailand. Setelah itu, Thailand mulai menunjukkan permainan terbaiknya. Tim Negeri Gajah Putih itu keluar menyerang.

Di babak kedua, perubahan mulai dilakukan Shin Tae-yong. Strategi yang diterapkan ternyata tak efektif, Thailand malah mengusai permainan pada 45 menit kedua.

Setidaknya ada dua peluang yang diciptakan Thailand. Dua tendangan Ekanit Panya mampu ditepis penjaga gawang Indonesia, Ernando Ari Sutaryadi.

Hasil imbang tanpa gol hingga babak kedua berakhir memaksa perpanjangan waktu 2×15 menit. Tepat pada menit ke-94, Thailand mengejutkan Indonesia. Pemain Thailand, Weerathep Pomphan menjebol gawang Indonesia hasil dari antisipasi bola yang meleset dari bek Indonesia. Timnas U-23 Indonesia harus rela gawangnya kebobolan dan ketinggalan 0-1 dari Thailand.

Setelah unggul, anak asuh Alexandre Polking melakukan sejumlah pergantian, terutama memasukan banyak bek. Hingga tambahan waktu selesai skor tak berubah.

Di pertandingan semifinal lainnya, tuan rumah Vietnam memastikan tiket maju ke final setelah memgalahkan Malaysia dengan skor 1-0. Di final, Vietnam akan menghadapi Thailand sedangkan Timnas U 23 Indonesia akan memperebutkan medali perunggu melawan Malaysia.

Kuatnya tembok pertahanan Thailand tak mampu ditembus oleh Garuda Muda. Pada masa injury time babak tambahan waktu, banyak drama terjadi. Mulai dari kartu merah yang diterima pemain Thailand karena bertindak tak sportif. Sampai peluit panjang dibunyikan, kedudukan tak berubah. Timnas U-23 Indonesia kalah 0-1 dari Thailand dan terhenti di semifinal.

Hasil ini jelas lebih buruk dari pencapaian Indonesia di SEA Games 2019 Manila. Saat itu, berbekal pelatih lokal Indra Sjafri, Indonesia bisa menembus semifinal dan meraih perak.***azh

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *